Kamis, 07 Januari 2016

Pantai Penggajawa Pasir Unik Berbatu Hijau


Pantai dengan pasir putih bersih? Ah, itu, sih, sudah biasa. Di Indonesia ini, banyak sekali pantai indah dengan pasir putih mengilat, bahkan, kita negara kita memiliki pasir dengan warna merah jambu, seperti di Pulau Komodo misalnya. Masih ada lagi, pantai unik lainnya, yaitu pantai berwarna hijau. Anda sudah pernah dengar, belum? Yuk, kita kenali pantai indah ini.

Pantai Penggajawa, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Batu Hijau. Kenapa? Sebetulnya, Pantai Penggajawa memiliki pasir yang putih, namun pasir ini tertutupi dengan hamparan batu yang berwarna toska. Katanya, batu-batu ini berasal dari lautan, kemudian terseret ke pantai.

Batu-batu ini sering diambil oleh warga sekitar untuk dijual. Batu ini menjadi mata pencaharian, dijual ke Surabaya, Bali bahkan sampai ke Jakarta dengan nilai yang cukup berharga. Meski terus menerus diambil, anehnya batu ini tak pernah habis, jadi kita tak khawatir keindahan Pantai Batu Hijau akan berkurang. Anda pun boleh mengambil batu ini untuk kenang-kenangan, tapi ingat, ya, ambil sedikit saja.

Pantai Penggajawa menawarkan keindahan untuk Anda saksikan. Garis pantainya panjang, indah dengan perpaduan pasir putih dan bebetuan hijau tadi. Bukit yang hijau berdiri kokoh tepat di belakang garis pantai. Bukit ini menjadi tepat yang sempurna untuk menyaksikan keindahan pantai secara keseluruhan.

Bicara lokasi, dari pusat Kota Ende, pantai ini berjarak 20 km atau 1 jam perjalanan. Tepatnya, Pantai Penggajawa berada di Desa Penggajawa, Kecamatan Nanga Panda, Kabupaten Ende, Flores. Jika tak ada kendaraan pribadi, Anda juga bisa menyewa kendaraan atau naik kendaraan umum. Jangan sungkan untuk bertanya daripada tersasar, pantai ini terkenal di masyarakat setempat.


Sayangnya, belum ada fasilitas wisata di pantai ini. Jangankan penginapan, warung makan pun belum ada. 

Image: flobamora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar