Senin, 25 Januari 2016

Berwisata Sekaligus Belajar di Watu Lumbung Parangtritis


Salah satu objek wisata yang sedang ramai diminati di Jogjakarta adalah kawasan wisata edukasi bukit Watu Lumbung. Bukit ini berada di sebelah utara Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul.

Menurut informasi, awal mula dari kawasan ini adalah ide dari seseorang yang ingin memberdayakan masyarakat sekitar dengan mengubah hutan jati ini menjadi kawasan wisata alam. Di sini, terdapat bangunan-bangunan sederhana dari bambu yang digunakan untuk menikmati keindahan Parangtritis. Keindahan sore hari adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan

Tak sekadar menikmati panorama, di sini juga menyuguhkan wisata edukasi. Misalnya, Anda bisa membaca buku di perpustakaan yang disediakan atau membantu menanam pohon. Nah, dibalik kegiatan tersebut, ada hadiah yang menanti, berupa makanan, minuman atau merchandise gratis. Misalnya, ada satu kedai yang memiliki program donasi buku. Jika Anda membawa minimal tiga buah buku bacaan, maka Anda akan mendapat teh, pisang dan tahu cocol segara gratis.

Kabarnya, di sini Anda bisa memasak sendiri, bahkan saling membantu memasak dan mencuci piring.

Suka wisata kuliner? Bisa juga, nih. Beragam jenis hidangan khas pedesaan dijual di sini, misalnya sate dan susu. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama, datanglah pada hari jumat. Di jumat malam, ada persembahan musik akustik di sini. Alunan musik ini menemani pengunjung menikmati indahnya langit di atas bukit pada malam hari. Jika ingin menginap pun bisa, tersedia cottage dan camping ground.

Memang tak ada kemewahan di area wisata ini, namun nilai edukasi, pemandangan yang indah bisa menjadikan liburan Anda menjadi istimewa.


Hati-hati ketika menaiki bukit, karena jalanannya licin dan di malam hari, masih minim penerangan. Jangan lupa membawa pakaian hangat, ya, di malam hari, suhunya cukup dingin.

Image: brilio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar