Selasa, 26 Januari 2016

Wisata ke Taman-taman di Jakarta


Mengisi waktu luang atau masa liburan, tak selamanya mesti pergi jalan-jalan jauh. Tak juga harus pergi ke bioskop atau pusat perbelanjaan. Taman misalnya, adalah alternatif tempat wisata lainnya. Taman juga biasa dipilih masyarakat untuk sekadar jajan atau nongkrong sepulang sekolah atau kantor. Kebetulan, di Jakarta, banyak sekali taman yang tersedia.

Taman Menteng
Taman yang berlokasi di Jl Hos Cokroaminoto ini seringkali dijadikan tempat berkumpulnya suatu komunitas atau anak gaul Jakarta. Di taman ini, fasilitasnya sudah cukup baik. Tak hanya sekadar tempat untuk nongkrong, di sini Anda juga bisa bermain futsal dan basket. Taman bermain anak pun sudah tersedia. Bahkan tak jarang, Taman Menteng juga dijadikan spot untuk berbagai acara, mengingat posisinya yang strategis dan ukurannya yang luas.
Image: jakartakita

Taman Suropati
Di kalangan anak muda, taman ini lebih dikenal dengan sebutan Tamsur dan berada tidak jauh dari Taman Menteng. Tamsur sama terkenalnya dengan Taman Menteng. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk datang ke taman ini, selain sejuk, di sini juga banyak didatangi oleh komunitas tertentu. Ada yang bermain musik atau sekadar menikmati air mancur. Di seberang jalannya, juga ada taman cantik dengan tumbuhan mini yang ditata dengan rapi.

Minusnya, jika Anda membawa kendaraan, susah untuk mencari tempat parkir dan semrawut sekali, biaya parkir pun terkadang mahal dan seakan-akan tarif yang ditentukan asal-asalan. Selain biaya parkir, jajan di sini juga mahal. Secangkir kopi sachet-an biasa saja, bisa dihargai Rp 5.000 atau bahkan lebih. Itu, sih, sama saja dengan membeli kopi sachet sebanyak sekotak, ya.

Taman Ayodya
Taman Ayodya, atau Taman Barito. Karena memang letaknya di kawasan Barito. Jika Anda masih ingat, taman ini dulunya adalah tempat deretan kios penjual ikan dan aquarium Barito yang dibongkar. Taman ini difasilitasi dengan gazebo untuk tempat bersanatai, ada juga air mancur di tengahnya. Banyak juga, nih, yang memanfaatkan Taman Ayodya untuk tempat foto-foto. Namun sayang, keadaan taman ini tidak terawat dan kotor, jadi tidak heran kalau taman ini sepi pengunjung.

Taman Situ Lembang
Hanya namanya saja, tapi taman ini adanya di Jakarta, kok, tak jauh dari Taman Menteng. Danau buatan di sini sering dijadikan tempat memancing. Dulu, taman ini biasa dijadikan tempat syuting film Warkop DKI. Taman yang memiliki arena bermain ini, entah kenapa suka dijadikan pelajar sebagai tempat untuk bolos.

Nah, Anda mau ke taman apa, nih, akhir pekan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar