Senin, 18 Januari 2016

Panjat Tebing di Pantai Siung


Anda senang dengan olahraga panjat tebing? Nah, mungkin Anda bisa menjajalnya di Pantai Siung. Rincinya, pantai ini terletak di Dusun Wates, Desa Puwodadi, Kecamtan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Untuk menuju ke pantai ini saja sudah merupakan petualangan tersendiri, loh, karena letaknya yang terpencil dan cukup sulit ditempuh. Tikungan tajam, jalanan yang naik turun dan disertai perbukitan, itulah yang akan ‘menemani’ perjalanan Anda. 2 jam dari pusat kota Jogjakarta untuk sampai ke pantai ini. Disarankan, Anda ke sini dengan mobil atau motor, jika naik kendaraan umum, mesti menunggu lama dan tujuan akhirnya pun belum sampai ke kawasan ini.

Lelah adalah hal pertama yang akan Anda dapat untuk tiba ke pantai ini, tapi semua lelah bakal tebayar, begitu Anda melihat pesona Pantai Siung yang luar biasa. Pasirnya putih bersih dan air lautnya yang biru jernih, bagaikan menanti kedatangan Anda. Pesona lain pantai ini adalah batu-batu karangnya.

Salah satu batu karang di sini, adalah dasar penamaan pantai. ada sebuah batu karang yang menjorok ke lautan, yang menyerupai siung wanara, atau gigi kera, karenanya, seorang sesepuh menamai pantai ini dengan nama Pantai Siung.

Nah, pada bagian barat, di sinilah tempatnya untuk Anda melakukan olahraga panjat tebing. Tidak tanggung-tanggung, sekarang, sudah ada 250 jalur panjatan. Wah, bagaikan ‘surga’, bagi Anda pencinta paja tebing, ya. Dijamin puas, tuh. Biasanya, yang berolahraga di sini adalah para mahasiswa, terutama ketika akhir pekan. Bahkan, pada tahun 90-an dulu, di sini dijadikan lokasi untuk kejuaraan panjat tebing tingkat ASIA, loh.

Supaya Anda puas menjajal banyak jalur panjat, Anda bisa menginap di pantai ini. tinggal pilih saja, ingin bermalam di rumah panggung dari kayu atau ingin mendirikan tenda di
camping ground yang sudah disediakan.

Catatan untuk Anda, di sini, alam sudah menyediakan fasilitas yang menakjubkan dan Anda dipersilakan untuk menikmatinya. Sebagai gantinya, Anda mesti taat dengan peraturan yang dibuat di sini, ya. Di antaranya adalah tidak merusak, tidak membuang sampah sembarangan dan jangan mengganggu habitat penyu.


Image: ariefgenter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar