Sabtu, 09 April 2016

Wisata Desa Adat di Desa Sade


Anda pengin berlibur ke Lombok dalam waktu dekat ini? Jangan datang ke pantai melulu, yuk, sesekali melakukan wisata adat. Indonesia memiliki beberapa lokasi untuk wisata jenis ini. Nah, di Lombok, lokasinya berada di Desa Sade. Sade adalah salah satu dusun yang berada di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Kalau Anda akan ke Pantai Kuta atau Tanjung Aan, nah, Anda akan melewati desa ada ini.

Apa keistimewaan desa ini? Desa Sade adalah desa yang masih mempertahankan adat istiadat suku Sasak, yang juga adalah penghuni desa ini. Meski Desa Sade sudah memiliki listrik dan jalanan beraspal rapi di depan pintu masuk desa, namun selebihnya, mereka masih menjalankan kehidupan seperti nenek moyang mereka.

Yang paling khas dan terlihat, adalah rumah adat mereka. Dijamin, Anda bakal melihat perumahan dan lingkungan hidup yang sangat berbeda dengan yang Anda lihat sehari-hari, masih asli, khas penduduk asli Lombok. Rumah-rumah yang berjajar rapi ini bernama ‘bale’. Bale masih menggunakan bahan alami, atapnya dari ijuk, dindingnya terbuat dari anyaman baru dan alasnya hanya berupa tanah. Bahkan rumah dibangun tanpa menggunakan paku.

Terdapat 8 jenis bale, masing-masing disesuaikan dengan fungsinya. Tak banyak memang penduduk yang tinggal di sini, hanya sekitar 150 keluarga saja dan mereka adalah pemeluk agama Islam. Makanya, ada masjid sendiri di dalam desa ini.

Membangun rumah ini tak sembarangan, ada beberapa aturan yang mesti dilakukan. Mulai dari ukuran pintu, jumlah anak tangga, ruangan untuk tidur hingga tempat untuk menaruh lampu, semua ada aturannya dan terkait dengan kepercayaan setempat. Jika Anda ke sini, Anda bisa meminta bantuan warga untuk menjelaskannya.

Ada satu hal lagi, nih, yang unik mengenai rumah di Desa Sade ini, masyarakat di sini mengepel lantai rumah mereka dengan air dan kotoran kerbau. Teknik mengepel lantai yang dilakukan turun temurun ini dipercaya bisa membuat rumah menjadi hangat dan mengusir nyamuk. Anda boleh saja merasa jijik ketika membayangkannya, tapi nyatanya, tidak ada bau sama sekali, loh.

Selain rumah adat, Anda juga bisa melihat suasana kehidupan mereka sehari-hari. Ada yang bertani, adapula yang membuat perhiasan dan menenun kain. Perhiasan dan kain ini nantinya akan dijual. Semua prosesnya dilakukan secara tradisional dan hasilnya, cantik sekali. Jangan lupa, untuk membelinya sebagai oleh-oleh.


Tertarik melihatnya langsung? Yuk, kita berlibur ke Lombok.

Image: dutalombok.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar