Jumat, 08 April 2016

Indahnya Air Terjun Nyarai Pariaman


Padang, tak cuma punya pantai-pantai yang indah, tapi masih ada banyak objek wisata alam indah lainnya, seperti Air Terjun Nyarai. Air terjun ini, berada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Dari pusat kota Padang, air terjun ini berjarak 20 km.

Air terjun nyarai adalah lokasi untuk trekking yang pas. Karena untuk mencapai air terjun ini, Anda mesti menempuh waktu 2 sampai 3 jam, atau sejauh 3,5 km dari pintu masuk Hutan Gamaran. Selama perjalanan, Anda akan menemui beberapa lubuak yang indah (lubuk atau cekungan sungai) dan persawahan milik warga, sehingga pendakian tak terasa begitu melelahkan.

Ada pun lubuak yang bakal Anda lalui, yaitu Lubuak Lalang, Lubuak Ngugun, Lubuak Batu Tuduang dan Sikayang Tabian. Di Lubuak Batu Tuduang ini ada pengunjung yang mengambil ikan karena memang potensi ikan di sini besar.

Rute trekking di sini aman, bahkan ada bagian yang diberi bambu untuk mempermudah perjalanan Anda. Terdapat 2 tanjakan yang ekstrem dan 1 kali menyebrang sungai dangkal sepanjang 50 meter. Di sungai ini airnya jernih dan sejuk, batu-batu indah di dasarnya bisa dilihat dengan jelas. Di sungai ini juga biasa dijadikan hewan ternak untuk berendam.

Air terjun nyarai, air terjun ini berada di atas tebing batu kecokelatan. Air terjun ini setinggi 8 meter dan menambah keindahannya adalah adanya sebuah kolam alami di bawahnya. Air di kolam ini berwarna bening kehijauan dan ada ikan-ikan di dalamnya. Ikan ini boleh ditangkap. Nikmati juga serunya bermain ayunan yang dibuat di atas pepohonan.

Untuk berwisata ke Air Terjun Nyarai, Anda harus membayar uang masuk, parkir dan guide (pemandu ini harus, ya, daripada Anda tersesat di dalam hutan), tapi biayanya murah, kok. Waktu yang baik untuk trekking ke sini tentu saja ketika sedang tidak hujan, ya. Jika hujan datang, selain lintasan menjadi licin, air di kolam (bawah air terjun) akan menjadi keruh dan dikhawatirkan akan ada aliran air yang deras dari atas.  


Jangan lupa untuk membawa bekal minum dan makanan.

Image: lubuk-aluang.blogspot

1 komentar: