Senin, 25 April 2016

Wisata Sambil Menanam Terumbu Karang di Bali


Berwisata itu sesekali memang layak untuk dilakukan. Untuk menghilangkan rasa lelah dari bekerja atau belajar, untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran, atau bisa juga menambah ilmu. Nah, ada baiknya, tak sekadar jalan-jalan atau mengeluarkan sejumlah uang, mari melakukan sesuatu yang juga bermanfaat. Misalnya berlibur sambil melakukan kebaikan, dengan menanam terumbu karang.

Kegiatan ini bisa Anda lakukan di Pantai Melasti, Pulau Serangan, Denpasar. Biasanya, kegiatan menanam terumbu karang ini dilakukan oleh turis asing, sebagian besar adalah dari Tiongkok, dan lainnya, misalnya dari Jepang, Eropa, Australia.

Daya tarik utama kawasan ini tentu saja keindahan bawah lautnya, biasanya turis datang untuk melakukan snorkeling atau diving (masing-masing dengan biaya yang berbeda). Penanaman terumbu karang ini adalah ‘bonus’nya. Untuk kegiatan ini, Anda mesti memberikan donasi (yang jumlahnya cukup besar), nah, barulah Anda akan mulai menanam. Ada yang direkatkan pada serupa kerangka beton, gapura atau patung. Tak sembarang, Anda akan dipandu oleh instruktur selam.

Yang akan membuat pengalaman Anda ini lebih berkesan, ketika Anda menanam terumbu karang, Anda dipersilakan untuk meletakkan nama Anda di karang tersebut. Jadi, jika nanti Anda kembali ke tempat ini, Anda bisa melihat terumbu karang milik Anda (setidaknya setahun kemudian, ya).

Luas lokasi penanaman ini sekitar 150 meter. Mungkin memang tak begitu luas, ya, namun akan sangat berarti. Sudah ada beberapa ratus terumbu karang yang berkembang. Di sini, Anda juga bisa membantu melepas anak-anak kuda laut, yang juga ada biayanya, ya. Untuk pelepasan kuda laut ini akan dihitung per ekor namun harganya jauh lebih terjangkau.

Selain bersenang-senang di air dan menanam terumbu, Anda juga mendapatkan banyak informasi mengenai pelestarian terumbu karang, dsb


Bagaimana? Wisata Anda akan menjadi lebih menyenangkan, kan?

Image: justsandandsand

1 komentar: