Rabu, 13 April 2016

Mengunjungi Habitat Komodo di Pulau Rinca


Namanya boleh saja Pulau Komodo, tapi nyatanya, jumlah si hewan purba ini justru lebih banyak ada di Pulau Rinca, loh. Sudah tahu belum mengenai pulau menawan ini? Pulau Rinca, masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo dan tergolong dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Flores ini, masuk dalam wilayah taman nasional bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.

Meski tak seterkenal nama Pulau Komodo, tapi Pulau Rinca juga tak pernah sepi pengunjung. Alasannya? Pertama, jarak menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo lebih dekat, jikalau dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo. Dibutuhkan 2 jam perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca dengan kapal bermotor.

Di pulau seluas 19 ribu hektar ini, hidup sekitar 2300 ekor komodo, sedangkan di Pulau Komodo sendiri, hanya ada 2100 ekor komodo. Di pulau ini, alamnya juga sangat indah, di sini terdapat padang rumput yang sangat luas ‘berhiaskan’ pohon lontar yang menjulang dan juga hutan bakau. Anda bisa trekking dengan memilih satu di antara 3 jenis, yaitu trek pendek, sedang dan panjang. Sesuaikan dengan kemampuan fisik dan stamina, ya. Kalau mau melihat sekitar dengan maksimal, tentu saja pilihlah trek yang panjang.

Selama trekking, Anda akan dipandu oleh ranger. Ranger akan mengajak Anda melihat sarang komodo, dsb. Dari titik tertinggi di pulau ini, yaitu di Gunung Ora, Anda bisa puas menyaksikan pemandangan dan tidak cuma melihat komodo, di sini juga masih banyak hewan liar lainnya yan bisa dilihat, misalnya babi liar, kerbau, rusa dan burung. Suasana di sini bakal membuat Anda terasa sedang pelesir di Afrika, deh.

Nah, kalau masih belum puas juga melihat komodo di Pulau Rinca, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pulau lain yang juga menjadi tempat tinggal alami komodo, yaitu di Pulau Komodo, Gili Motang dan Nusa Kode. Ada pun pulau lain di sekitarnya yang biasa dikunjungi, misalnya Pulau Kambing atau Pulau Kalong.

Untuk wisata melihat komodo ini, aturannya kurang lebih sama saja untuk keempat pulau. Misalnya, Anda harus selalu berada dalam pengawasan ranger, jangan memisahkan diri dari rombongan, untuk perempuan, sebaiknya tidak sedang menstruasi, hindari membuat suara berisik, dsb. Tambahan untuk di Pulau Rinca, janga berenang di dermaga, ya, karena sesekali bisa saja muncul buaya atau hewan buas lainnya.


Untuk memudahkan Anda, sebaiknya mengikuti paket perjalanan, ya. Untuk paket ini, biasanya biayanya sudah termasuk sewa kapal dan tiket masuk Pulau Rinca.

Image: tourism.nttprov.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar