Minggu, 10 April 2016

Melihat Kawanan Gajah di Way Kambas


Buat Anda yang suka dengan hewan atau senang mengajak anak-anak berkunjung ke kebun binatang, mungkin Way Kambas bisa menjadi pilihan berlibur Anda selanjutnya. Taman Nasional Way Kambas, berjarak sekitar 110 km dari Bandar Lampung. TNKW adalah salah satu kawasan cagar alam tertua di negara kita, kawasan seluas 1300 km ini berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas, Pantai Timur Lampung.

Jika Anda ingin menikmati wisata alam, Anda mesti punya izin masuk, ya. Izin ini bisa Anda dapat di kantor pusat Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11 di Bandar Lampung. Ingat, Anda tidak diizinkan memasuki kawasan taman nasional tanpa pemandu, karena berpotensi bahaya dan Anda bisa saja tersesat. Selain itu, sembari menyusuri kawasan ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar flora dan fauna yang ada di sini melalui pihak pengelola.

Beberapa hewan yang hidup di sini, misalnya badak sumatra, gajah sumatra yang menjadi ikon kawasan ini, harimau sumatra, mentok rimba dan buaya sepit. Di bagian pesisir, banyak jenis burung yang ada di sini, seperti bangau tongtong, sempidan biru, kuau raja, burung pependang timur, dsb.

Way Kambas juga memiliki pusat pelatihan gajah. Tempat pelatihan gajah ini resmi didirikan pada tahun 1985 oleh pemerintah Belanda dulu, sedangkan untuk taman nasional ini sendiri, telah diresmikan sejak tahun 11937. Anda bisa melihat gajah-gajah di sini beraktivitas, ada yang mengangkat kayu, ada yang membajak sawah, ada juga yang sedang berendam.

Nah, di pusat pelatihan gajah (PPG) ini, juga ada sarana rekreasi lain. Setiap akhir pekan di sore hari, di sini Anda bisa mengajak anak-anak menonton atraksi hewan besar ini, juga melihat kawanan gajah ini bermain sepak bola. Jika tertarik, gajah-gajah ini juga bisa ditunggangi. Anak-anak juga pasti akan senang melihat anak gajah yang menggemaskan. Ada, loh, yang bisa dipegang dan diajak berfoto.


Jika ingin menginap, di sini disediakan tempat khusus, lokasinya berada di dekat tempat konservasi gajah dan tentu saja, hal ini juga ada izin khususnya, ya. Atau jika ingin yang fasilitasnya lebih memadai, di sekitar sini juga ada beberapa pilihannya atau carilah di pusat kota.

Image: holobis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar