Kamis, 14 April 2016

Wisata Pantai Padang Bai di Ujung Bali


Anda kepengin berlibur di pantai tersembunyi dengan suasana yang tenang? Di Bali ada banyak, loh. Salah satunya adalah Pantai Padang Bai. Padang Bai itu sendiri, sebetulnya bukanlah nama pantai, namun nama pelabuhan untuk keluar masuk Pulau Bali dari arah Lombok. Awalnya, pantai ini bernama Teluk Padang dan memang sejak zaman penjajahan dulu sudah dijadikan pelabuhan. Dari masa inilah, akhirnya nama pelabuhan ini berubah menjadi Padang Bai.

Pelabuhan ini nampaknya lebih terkenal di kalangan turis asing, karena dari sinilah biasanya mereka menyebrang ke Gili Trawangan. Pantai pelabuhan ini sendiri memiliki air biru yang jernih.

Nah, di dekat pelabuhan ini, terdapat 2 pantai yang sangat indah, yaitu Pantai Bias Tugel dan Pantai Blue Lagoon (Pantai Kurungan). Kedua pantai ini letaknya tersembunyi. Berhubung lokasinya yang tersembunyi itulah, sedikit susah untuk mencapai kedua pantai ini. Intinya, harus ke pelabuhan itu dulu. Setelah dari pelabuhan, nanti akan ada perempatan, jika belok ke kanan Anda akan menuju ke Pantai Bias Tugel, sebaliknya, Pantai Blue Lagoon berada di sebelah kiri perempatan.

Apa keistimewaan dari pantai-pantai indah ini?

Pantai Bias Tugel atau yang artinya pasir terpotong, karena di pantai ini ada 2 karang besar yang mengapit, jadi pantainya seakan-akan terbelah. Bagi Anda yang menyukai kegiatan diving dan snorkeling, ya, di sinilah lokasi yang pas. Pasirnya halus dan lembut, ombaknya tenang, sehingga aman untuk Anda berenang dan karena hal ini juga, Pantai Bias Tugel menjadi tujuan wisata keluarga yang pas. Di pantai ini juga banyak tersedia warung makan, jadi tak perlu repot membawa bekal.

Selanjutnya, jika ingin ke Pantai Blue Lagoon, Anda bisa berenang selama 10 menit dari Pelabuha Padang Bai. Sedikit berbeda dengan Bias Tugel, pasir di pantai ini butirannya lebih besar, seperti merica. Banyak kapal nelayan berjajar di bibir pantai.

Di sini, fasilitas wisatanya lebih banyak. Contoh, sudah ada beragam penginapan, mulai dari yang murah, hingga hotel berbintang, ada pula kelas untuk belajar diving dan jasa penyewaan perlengkapannya. Di kawasan pantai, Anda bakal menemui pedagang-pedagang atau tukang pijat. Seperti di Pantai Kuta, ya. Seru, kan, bersantai di pantai sambil dipijat. Oh, ya, jangan lupa, membeli kelapa muda.


Nah, asyik, kan, berlibur ke Pantai Padang Bai? Anda bisa mengunjungi 2 pantai indah sekaligus. Hemat waktu dan pastinya hemat biaya.

Image: water-sport-bali

1 komentar: