Sabtu, 02 April 2016

Tips Membuat Foto Instagram


Anda suka memajang foto karya Anda di Instagram? Ya, IG memang wadah yang OK untuk memajang foto. Misalnya foto mengenai objek wisata, foto ketika sedang berlibur, makanan, minuman atau bahkan produk. Sekadar ingin mendapat banyak likes atau mendapatkan follower. Nah, bagaimana, ya, cara membuat foto di Instagram yang baik?
  • Cari spot yang cukup sepi. Kalau sedang berada di tempat wisata, agak susah, ya, kalau harus mencari spot yang sepi. At least, ambilah gambar ketika sedang tidak banyak orang berlalu-lalang.
  • Jangan gunakan kamera via aplikasi ini secara langsung, tapi gunakan kamera ponsel dan import ketika Anda membuka aplikasi ini. Kenapa? Karena kamera pada aplikasi ini fiturnya belum terlalu lengkap, jadi kurang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasilnya.
  • Keep steady! Kalau sekiranya Anda khawatir hasilnya blur (karena goyang), Anda bisa letakkan tangan Anda di meja (misalnya) supaya stabil. Nah, kalau sedang di luar ruangan? Bisa saja, gunakan batang pohon atau benda lainnya yang stabil.
  • Semua dalam frame kotak. Ingat, nih, foto yang Anda ambil mesti dalam frame berbentuk square atau bisa di crop ke dalam bentuk tersebut. Jadi, atur dengan baik ketika mengambil gambar, jangan sampai ketika di crop, objek yang pengin Anda tampilkan malah terpotong.
  • Fokus pada objek tertentu.
  • Ada baiknya, tidak terlalu banyak menggunakan filter untuk menampilkan suasana yang sebenarnya. Untuk kegiatan outdoor, bisa diturunkan tone-nya.

  • Sedang wisata kuliner? Jangan lupa foto makanan atau minuman Anda. Foto akan terlihat lebih keren jika dilengkapi dengan objek pendukung, seperti meja kayu, sendok garpu, napkin, dll.
  • Tajamkan. Misalnya, Anda sedang memotret buah untuk pencuci mulut. Tajamkan hingga pulp jeruk terlihat.
  • Install aplikasi khusus untuk membuat tampilan foto Anda semakin baik.
  • Tips penting. Pengin mendapat likes yang banyak? Salah satunya bisa dengan menggunakan hashtag yang tepat. Sebelum mengupload, luangkan waktu untuk mencari hashtag dengan angka yang tinggi dan tahukah Anda, hashtag terbaik adalah 11 hashtag dalam 1 image yang Anda upload.


Dari semua hal di atas, hal yang paling penting dari pengambilan gambar adalah berhati-hati. Sudah banyak yang menjadi korban karena ber-selfie di tempat wisata. Pastikan tempat Anda berdiri aman, kukuh dan tidak licin. Hindari ‘memaksakan diri’ berdiri di dekat bibir tebing atau karang.

Image: geograph.org.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar