Jumat, 08 April 2016

Pemandangan Pantai Seger yang Membuat Mata Segar


Kalau Anda berencana berlibur ke Pantai Kuta Lombok, jangan lupa, nih, untuk datang juga ke Pantai Seger yang ada di sebelah timurnya, ya. Karena dua pantai ini ‘bertetangga’, sejajar dan cuma berjarak 2 km saja. Dari Pantai Kuta, untuk mencapai Pantai Seger, Anda tinggal menyewa ojek.

Bisa apa saja di sini? Banyak. Dimulai dari duduk-duduk bersantai di bawah sinar matahari hingga datang waktunya matahari terbenam. Lalu, tentu saja menikmati pemandangan Pantai Seger. Pemandangan di sini akan berbeda di antara musim hujan dan kemarau, ya. Di musim kemarau, rerumputan di bukit akan tumbuh subur dan menghijau. Saat kering, bukit ini akan tetap indah, kok, dan pastinya, alam di sini masih asri dan alami.

Di pantai ini ada batu karang, batu ini disebut dengan batu tengkong atau batu jamur. Jika air sedang surut, Anda bisa datang dan naik ke karang ini.

Anda juga bisa berenang, snorkeling melihat terumbu karang yang masih terjaga, walaupun spot snorkeling di sini hanya ada satu, tapi dijamin puas, deh. Nah, di spot lainnya, Anda bisa menyalurkan hobi Anda bermain selancar. Kegiatan snorkeling dan surfing memang lebih banyak dilakukan di Pantai Seger ini jika dibandingka dengan pantai tetangganya, karena pemandangan di sini lebih memukau.

Ada hal lain yang juga begitu ditunggu-tunggu oleh warga sekitar maupun wisatawan yang datang, yaitu ritual bau nyale. Ritual bau nyale ini adalah ritual berburu nyale atau sejenis cacing laut. Tak cuma ikut menonton, wisatawan pun bisa ikut mencari nyale. Menurut cerita dari masyarakat setempat, cacing laut yang ukurannya cukup panjang ini, adalah reinkarnasi dari seorang putri, yaitu Putri Mandalika.

Belum cukup basah-basahan menangkap nyale? Jikalau tidak merasa geli, Anda bisa ikut mencicipi tangkapan nyale yang sudah diolah. Warga di sini punya beberapa resep untuk mengolah nyale menjadi hidangan yang lezat. Ritual bau nyale, bisa Anda saksikan di kedua pantai ini, ya.

Image: lombok.panduanwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar