Minggu, 03 April 2016

Berlibur ke Tanjung Papuma Jember


Jember semakin dilirik pengunjung, setelah adanya Jember Fashion Karnival. Oleh karenanya, objek wisata lain di Jember ini pun perlahan turut menerima dampak yang positif, terutama wisata alam yang memang banyak di Jember. Untuk mempersiapkan fasilitas wisata di sini, pemerintah setempat dengan ‘sigap’ berbenah, dimulai dari melebarkan jalan, membersihkan trotoar, memperindah taman, dsb.

Salah satu objek wisata alam di Jember yang patut Anda kunjungi, adalah Pantai Papuma. Pantai ini, berada di Kecamatan Wuluhan, berjarak sekitar 45 menit saja dari pusat Kota Jember. Jika di musim hujan, Anda harus berhati-hati bila berkendara ke sini, karena kondisi jalanannya masih berupa tanah dan licin. Karena berupa tanjung maka disebut juga dengan Tanjung Papuma, namun sebetulnya, lokasi wisata yang dibuka oleh Perhutani ini diberi nama Pasir Putih Malikan, yang bila disingkat, menjadi Papuma.

Tanjung Papuma memang untuk dinikmati keindahannya saja. Khas pantai-pantai di selatan, Pantai Papuma berombak besar sehingga kurang aman untuk Anda melakukan kegiatan air seperti berenang ataupun snorkeling. Meski tak bisa banyak bermain air, keindahan Pantai Papuma dijamin bakal membuat mata dan tubuh Anda kembali segar. Lihatlah hamparan batu karang di pantai ini. Ada beberapa karang besar yang dinamai dengan nama tokoh perwayangan. Di salah satu puncak karang besar di sini, adalah tempat wisatawan memanjat untuk melihat pemandangan. Tentunya Anda mesti ekstra hati-hati, ya, karena karang di sini berlumut dan licin.

Keindahan pantai dengan karang ini, menjadi objek foto yang menarik bagi Anda yang menyukai fotografi. Pokoknya, ingat saja yang tadi, selalu berhati-hati, ya.

Wisata lainnya di sini adalah menikmati hutan jati sebelum memasuki area pantai, ada pula beberapa jenis pohon lainnya. Karena hutan ini masih asri dan terjaga, kabarnya, di sini masih ada beberapa jenis hewan liar, seperti burung dan lutung.

Jangan lupa untuk berwisata kuliner, di pantai ini banyak warung makan. Hidangannya enak, harganya terjangkau dan pastinya, masih sangat segar karena biasanya segera diantar setelah nelayan setempat pulang dari melaut. Sebaiknya menanyakan harganya dulu sebelum memesan, ya.


Jika ingin menginap, pihak pengelola pantai telah menyediakan penginapan dengan harga yang terjangaku, tapi kalau ingin hotel dengan fasilitas yang lebih bagus lagi, Anda bisa menginap di pusat kota Jember.

Image: tribunnews

1 komentar: