Senin, 11 April 2016

Mengeksplor Pesona Teluk Cendrawasih


Anda kepengin berwisata ke Papua tapi tak punya cukup uang untuk menikmati pesona Raja Ampat? Papua menyimpan banyak tempat memukau lainnya, salah satunya adalah Teluk Cendrawasih.

Teluk Cendrawasih ini adalah taman nasional, yang merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, hutan mangrove, hutan tropika yang ada di Papua. Taman nasional laut terluas di Indonesia ini terdiri dari pesisir pantai (0,9%), daratan pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%) dan sisanya adalah lautan (89,8%). Terbayang, tidak kira-kira seperti apa keindahannya?

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terkenal dengan jenis ikannya yang begitu banyak, yaitu terdapat sekitar 209 jenis ikan. Lainnya, adalah beberapa jenis keong, kerang dan kima. Teluk Cendrawasih juga menjadi rumah bagi sekitar 15 jenis terumbu karang. Hewan lainnya yang menghuni kawasan ini seperti 4 jenis penyu (penyu sisik, hijau, lekang dan belimbing), ikan duyung, paus biru, ketam kelapa, lumba-lumba dan ikan hiu.

Teluk Cendrawasih memang tempat yang pas untuk Anda yang mencari spot diving dan snorkeling terbaik. Lalu, di mana saja lokasi tersebut?
  • Pulau Roon, di pulau ini, Anda bisa menyalurkan hobi diving dan snorkeling. Anda juga bisa mengamati burung, berwisata budaya, melihat air terjun dan gereja yang sangat tua.Pulau Rumberpon. Di sini, Anda juga bisa mengamati burung dan mengunjungi penangkaran rusa. Spot terbaik untuk snorkeling di sini berupa bangkai pesawat perang milik Jepang.
  • Pulau Nusrowi. Ada beberapa jenis satwa yang bisa dilihat di pulau ini.
  • Pulau Yoop. Ini, nih, lokasi untuk menyaksikan paus dan lumba-lumba.
  • Pulau Mioswaar. Selain mengamati beragam jenis satwa, Anda juga bisa wisata budaya. Di Pulau Mioswaar ini juga ada air terjun da setelah puas jalan-jalan, Anda bisa mengunjungi sumber air panas.

Di tiap pulau di atas, memiliki spot untuk menyelam dan snorkeling. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah di bulan Mei hingga Oktober.

Untuk menuju ke kawasan ini, dari luar daerah, Anda mesti menuju ke Manokwari lebih dulu. Dari Manokwari, menuju Teluk Cendrawasih (Pulau Rumberpon), dengan kapal panjang, perjalanan membutuhkan waktu 5,5 jam.

Lama memang untuk sampai ke Teluk Cendrawasih. Apalagi jika Anda dari kota yang jauh. Biaya perjalanan juga tak sedikit, namun semuanya akan terbayar setelah Anda melihat pesona Teluk Cendrawasih.


Image: telukcendrawasih-nationalpark

1 komentar: