Kamis, 06 Oktober 2016

Indahnya Kuil-kuil di India (Part 2)


India, dikenal sebagai tempat asal Kamasutra, dan hal ini telah menarik perhatian peneliti dan sejarawan dari seluruh dunia. Ada banyak pendapat yang dikemukakan di balik penggambaran erotis yang kuat pada kuil Hindu. Sementara beberapa mengatakan bahwa hal tersebut adalah pengaruh dari orang-orang kelas atas pada masa tersebut, ada yang mengatakan bahwa ini adalah gambaran dari orang-orang yang menyerah pada kesenangan duniawi, ada yang menggambarkan hal ini sebagai kebutuhan manusia bahkan sebagai pendidikan. Candi apa saja, sih, yang dimaksud?

Kailasa, Ellora
Candi ini adalah salah satu candi gua terbesar di India dan memiliki pahatan patung yang amat indah. Detilnya membuat patung-patung di sana terlihat begitu hidup, sama seperti pahatan pada candi Virupaksha dan Sun Temple (di Konark). Candi yang diperkirakan dibangung pada abad ke 7 ini memiliki monolit tertinggi dunia yang dipahat dari batu tunggal, sekaligus menjadi ‘rumah’ bagi mithunas, karya seni berupa pahatan erotis pada masa itu.

Image: amazingmarahashtra

Khajuraho Temple, Madhya Pradesh
Candi ini terdiri dari beberapa bagian, mungkin seperti Candi Prambanan di tempat kita. Saking banyaknya pahatan yang bernuansa erotis di candi ini, candi ini juga dikenal dengan Kamasutra Temple atau Tantric Temple. Tentu saja, bagian erotis ini tidak diletakkan di dekat patung dewa, namun ada di bagian dinding depan candi. Menurut informasi, hal tersebut berarti, seseorang harus melupakan hasratnya sebelum memasuki kuil. Sebagian mengatakan, bahwa penghuni surga, tak terpengaruh dengan hasrat duniawi, dengan kemolekan dan pesona fisik.

Pahatan-pahatan erotis ini, juga dikatakan sebagai gambaran kehidupan seks masyarakat India pada masa itu.

Bhoramdev, Chattisgarh
Candi ini mungkin tak sebesar dan semegah candi lainnya, tapi detil pahatan patung di dinding candi ini, sungguh indah. Candi ini didirikan untuk Dewa Siwa. Di beberapa bagian patung, tentu saja ada gambaran yang erotis. Candi ini juga disebut sebagai Khajuharo-nya Chattisgarh.


Jadi, apa pendapat Anda? Apa pun itu, sebaiknya kita ambil saja sisi positifnya, ya, dan mari kita nikmati segala keindahannya. Yuk, kita berlibur ke India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar