Jumat, 21 Oktober 2016

Berburu Indahnya Aseoris dari India (Part 2)


Duh, sudah penasaran, ya, mau tahu informasi mengenai jenis-jenis perhiasan yang biasa dipakai oleh orang India. Ya, nyatanya, tidak seperti di negara kita, orang menggunakan perhiasan, semata-mata agar terlihat lebih menarik. Di India, memakai perhiasan juga bermaksud untuk mengomunikasikan sesuatu. Berikut ini, kami akan memberikan infonya pada Anda.

Sindoor
Apa, sih, merah-merah yang dipakai di rambut mereka? Itu sindoor namanya. Tepatnya, dipakai di rambut, di bagian atas kening. Menggunakan sindoor, artinya wanita tersebut sudah menikah.
Image: flickr

Bindi
Kalau yang ini, sudah tahu, dong? Ya, ini adalah hiasan mungil yang diletakkan atas hidung, di antara dua alis. Artinya adalah ‘titik’. Ada beberapa makna dibalik bindi ini, salah satunya adalah, bindi disimbolkan sebagai mata ke tiga.

Anjana (kohl)
Perempuan lebih mengenalnya dengan kata ‘eye liner’, tentu saja, fungsinya untuk memperindah bentuk mata dan menjadikan mata tampak lebih lebar. Sebuah kepercayaan di sana, ada kaitan antara pesona dan daya tarik wanita, dengan mata yang lebar. Cara membuat kohl adalah dengan membakar kapas (tertentu) yang sudah direndam dalam minyak mustard.

Nath
Atau anting hidung, yang juga dipercayai sebagai ‘tempat’ dari indra keenam. Sepertinya, selain mata, hidung juga menjadi bagian tubuh yang dianggap paling ‘menggoda’. Nah, nath ini juga difungsikan untuk memaksimalkan keindahan bagian tubuh tersebut. Nath, sekarang hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja, terutama dipakai oleh pengantin. Bentuk dan ukurannya, tergantung acara yang berlangsung.

Haar
Kalung dianggap sesuatu yang penting dan sakral, karena letaknya yang berdekatan dengan hati. Kalung diaanggap bisa memerangaruhi emosi, atau memperkuat cinta misalnya. Contoh lain, kekuatan batu yang dipakai pada kalung, bisa menyerap ke dalam tubuh. Kalung dan bebetuan yang dipakai, dipercaya bisa membawa kerberuntungan bahkan menjauhkan penggunanya dari iblis atau roh jahat.

Dulu, kalung yang digunakan berupa bunga segar. Salah satunya adalah rangkaian bunga melati, yang aromanya dianggap sebagai sesuatu yang erotis.

Masih mau membaca informasi tentang perhiasan India ini? Masih ada lagi, loh. Boleh juga, kan, untuk menambah pengetahuan tentang budaya bangsa lain.

Jadi pengin jalan-jalan ke Bombay, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar