Sabtu, 22 Oktober 2016

Berburu Indahnya Aseoris dari India (Part 3)


Sama seperti film Idia, pembahasan kita mengenai ragam perhiasan India ini rasanya tak kunjung habis, ya, sudah tiga ‘episode’. Jangan jenuh dulu, informasinya dijamin tidak bakal membuat Anda bosan, deh, malah semakin banyak pengetahuan.

Karn phool
‘Bunganya telinga’ atau anting-anting. Dulu, anting digunakan sebagai lambag spiritual dan kasta seseorang. Ada yang unik, ada kepercayaan antara telinga dan hasra seksual. Kepercayaan lainnya adalah anting bisa melindungi pemakainya dari roh jahat, atau dapat menjadi penghibur dari rasa sakit. Semakin meriah dan mahal anting tersebut, maka akan lebih menghibur penggunannya.

Bagi wanita yang sudah menikah, anting juga dianggap sebagai status sosial. Semakin berat anting, maka semakin baik. Semakin lebar lubag anting, maka wanita tersebut artinya semakin kaya. Ingat, kan, masyarakat India amat menyukai emas? Jangan heran, jika mereka semakin mapan, maka hiasan di telinga mereka akan semakin banyak.

Henna (mehndi)
Penggunaan henna juga dianggap sesuatu yang bisa membangkitkan seks, mungkin karena yang menggunakannya adalah wanita yang beranjak dewasa. Mehndi, erat kaitannya dengan pernikahan. Henna biasa dipakai oleh pengantin wanita. Warna merah henna dianggap bisa membawa keberuntungan dan kesejahteraan.
Image: mehndidesigner

Bangles
Gelang, bentuk lingkarannya disimbolkan sebagai energi dari matahari. Gelang-gelang ini boleh dipakai oleh mereka yang masih gadis, namun bagi yang sudah menikah, memakai gelang adalah wajib. Bahkan, ketika mereka mengganti gelangnya pun, tangan mereka tidak boleh ‘polos’, atau wajib menggunakan sesuatu yang menyerupai gelang, misalnya tali atau bahkan sari yang dililit. Biasanya, digunakan delapan sampai duabelas gelas per satu tangan.

Baajuband
Ini adalah gelang yang dipakai di lengan, salah satu fungsinya adalah menjauhkan penggunanya dari roh jahat.

Arsi
Cukup jarang kita lihat dalam film, arsi adalah cincin besar dengan cermin yang digunakan di jempol. Namanya juga cermin, ya, digunakan untuk berkaca.

Keshapasharachna
Atau gaya rambut. Rambut mewakili seluruh elemen dalam kepercayaan di sana, baik itu tanah, api, air dan bumi. Rambut yang indah adalah sesuatu yang penting dan dianggap sebagai daya tarik. Yang paling umum adalah rambut yang dikepang. Teryata kepangan rambut disimbolkan sebagai pertemuan antara tiga sungai suci di India.

Perhiasan lainnya adalah gelang pinggul, cincin kaki, gelang kaki, dsb. Mungkin akan kita bahas di lain kesempatan. Jadi, semua perhiasan memiliki makna masing-masing, jadi tidak asal pakai. Nah, sekarang sudah mengerti, kan, kenapa masyarakat India menggunakan banyak sekali perhiasan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar