Kamis, 20 Oktober 2016

Berburu Indahnya Aseoris dari India (Part 1)


Siapa yang mau jalan-jalan ke India? Mungkin Anda mau meihat Taj Mahal yang megah atau mungkin ingin melihat candi-candi yang memang banyak sekali di sana. Ingin melihat pemain Bolywood favorit Anda? Duh, keinginan yang satu itu mungkin sedikit susah terwujud, tuh. Daripada mencari yang susah, lebih baik Anda berwisata kuliner, atau mungkin membeli asesoris.

Ya, kalau kita melihat di film-film India, masyarakat India nampaknya senang sekali, ya, menggunakan perhiasan. Laki-lakinya pun, rata-rata mengenakan anting-anting dan kalung, bahkan dari mereka kecil. Perempuan? Apa lagi. Coba Anda perhatikan, rasanya, dari ujung kepala hingga jari kaki mereka, ada saja asesoris yang disematkan. Kira-kira, apa, ya, alasan mereka menggunakan perhiasan sebanyak itu?

Nyatanya, memang, menjadi kebiasaan di sana, menggunakan perhiasan untuk memperindah penampilan, bahkan untuk setiap bagian tubuh. Tapi tidak asal cantik atau asal pakai, karena perhiasan (atau asesoris) biasanya dibuat untuk melambangkan sesuatu, bermakna, bermanfaat atau untuk mengomunikasikan sesuatu bagi mereka yang melihat. Baik itu bentuk, fungsi dan materialnya.

Misalnya, nih, di India sana, emas melambangkan sesuatu yang suci, emas juga lambang dari kesejaheraan penggunanya. Intinya, semakin banyak dan berat emas yang digunakan, berarti orang tersebut semakin kaya. Perhiasan yang lengkap, menjadikan penggunanya lebih sempurna. Sebaliknya, semakin sedikit perhiasan, artinya orang tersebut hidup kekurangan. Tidak heran, kan, kalau di filmnya, orang-orang kayanya menggunakan emas hingga bertumpuk-tumpuk.

Nah, apa saja jenis perhiasannya? Ada 16 jenis perhiasan utama.

Tika
Anda sering lihat asesoris seperti bandul yang dipakai di kepala? Nah, ini adalah tika. Tika adalah perhiasan dengan rantai, yang diujung satunya berupa kaitan dan bandul diujung lainnya. Bandul ini mesti berada tepat di tengah kening, yang menjadi tempat bagi chakra. Tika juga terkait dengan lambang penyatuan antara wanita dan pria di dunia.

Baru satu yang kita ulas, berarti masih ada banyak lagi. Informasi ini menarik dan layak utuk disimak, loh, makanya, nantikan ulasan selanjutnya mengenai ragam perhiasan India, ya.
 
Image: strandofsilk

1 komentar: