Rabu, 30 September 2015

Wisata Alam Danau Tamblingan


Danau Tamblingan, adalah danau yang terletak di lereng Gunung Lesung, Kabupaten Buleleng. Danau Tamblingan seringkali disebut dengan danau kembar tiga. ‘Kembarannya’ adalah Danau Buyan dan Danau Beratan. Danau ini adalah objek wisata alam yang dengan sengaja tidak dikembangkan menjadi area wisata modern, tentu saja untuk melestarikan alam di sekitarnya.

Nama danau ini berasal dari Bahasa Bali, yaitu ‘tamba’ yang berarti obat, dan ‘elingang’ yang artinya ingat atau spiritual. Sebuah kisah berkembang di balik asal muasal nama danau ini. Dulu, kabarnya masyarakat setempat terkena wabah. Untuk menyelesaikan masalah ini, seseorang yang disucikan, turun ke danau untuk mengambil airnya. Berkat doa dan kemampuan spiritual orang tersebut, air di danau ini dijadikan obat dan ternyata mampu menyembuhkan penyakit yang menimpa masyarakat sekitar. Nah, karena hal inilah, danau ini mendapatkan namanya dan mulai dibangun banyak pura di sekitarnya.

Pepohonan yang rimbun menjadikan kawasan ini begitu sejuk dan menyegarkan. Maka, banyak orang yang memanfaatkan area danau ini untuk berolahraga (misalnya yoga) dan berkemah, terutama oleh anak-anak usia remaja. Danau ini, seperti danau lainnya di Bali, juga menjadi salah satu lokasi favorit para fotografer dan pasangan yang ingin melakukan foto prewedding.

Danau ini juga dekat dengan Danau Buyan, jadi jika belum puas menikmati indahnya danau Tamblingan, Anda bisa menjadikan Danau Buyan sebagai destinasi Anda selanjutnya. Anda yang suka memancing, bisa melakukannya di sini, Anda bisa pergi dengan warga. Untuk menjaga keaslian alam di sini, dilarang menggunakan perahu bermesin, hanya ada sampan kecil milik warga.

Danau ini adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan selama berlibur. Jika ingin alternatif dari hotelmurah di Bali, mungkin Anda bisa berkemah di sini.


Image: ceritabudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar