Selasa, 29 September 2015

Objek Wisata Menarik di Ujung Kulon (Part 1)


Taman Nasional Ujung Kulon, adalah kawasan hutan hujan tropis yang tersisa di Jawa Barat. Ada tiga jenis ekosistem di taman nasional ini, yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa dan yang terakhir adalah ekosistem daratan. Seperti yang Anda ketahui, kawasan ini menjadi lokasi pelestarian beberapa jenis hewan, termasuk hewan langka, seperti badak Jawa.

Menurut data yang tercantum pada situs Departemen Kehutanan, terdapat sekitar 700 jenis tumbuhan yang dilindungi di sini, 57 diantaranya adalah tanaman langka. Ratusan jenis hewan juga dilindungi di sini, mulai dari jenis mamalia, serangga, burung, ikan hingga beragam terumbu karang. Selain badak, hewan langka yang ada di sini, diantaranya adalah surili, macan tutul, kima raksasa, owa dan kucing batu.

Selain menjadi rumah yang aman dan nyaman bagi tumbuhan dan hewan, ternyata kawasan Ujung Kulon, juga memiliki objek-objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pulau Pecang
Selain oleh warga Indonesia, pulau ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Karena air lautnya begitu bersih dan jernih, maka tempat ini menjadi lokasi favorit untuk melakukan snorkeling dan diving. Anda juga bisa berenang dan memancing di sini, atau sekadar bersantai di pasirnya yang putih sambil melihat kawanan rusa di habitat aslinya. Kegiatan lainnya adalah menjelajah ke karang copong. Dengan menyewa boat, Anda bisa menyebrang menuju padang penggembalaan Cidaon, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.
Kawasan ini sudah memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari penginapan, dermaga, pusat informasi, dsb.
Image: ariefgenter

Kepulauan Handeleum
Pulau ini adalah lokasi pengamatan satwa dan tumbuhan liar, maka, bagi Anda yang menyukai alam yang masih asli, di sinilah tempat yang pas untuk Anda. Untuk mengelilingi sungai Cigenter yang ada di sini, Anda bisa menaiki perahu dayung, sambil melihat-lihat flora dan fauna tersebut. Hutan mangrove yang berada di sepanjang sungai ini juga tak kalah indah untuk disaksikan. Pada hulu sungai, terdapat jalan untuk mengunjungi air terjun bertingkat.

Jika ingin bermalam di pulau ini, tersedia sebuah penginapan namun kapasitasnya sangat terbatas, sebaiknya Anda membawa sendiri perlengkapan berkemah Anda dengan lengkap.

Masih ada beberapa objek wisata menarik lainnya di Ujung Kulon yang bisa Anda kunjungi, nantikan informasinya pada ulasannya selanjutnya, ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar