Minggu, 13 September 2015

Sejuknya Berkemah di Kebun Raya Cibodas


Kebun Raya Cibodas, atau Cibodas Botanical Garden, berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cianjur. Kalau Anda ingin berwisata, berolahraga dan mengajak anak-anak Anda mengenal alam, maka ini adalah tempat yang pas.

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh seorang ahli Botani dari Belanda, dimaksudkan untuk menanam tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti pohon-pohon besar, tumbuhan runjung dan paku-pakuan. Di area rumah kaca (green house), Anda bisa mempelajari sekitar 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek dan tanaman-tanaman langka. Yang unik adalah taman lumut, yang tidak cuma berasal dari berbagai daerah di Indonesia tapi juga dari negara lainnya. Taman ini diklaim sebagai taman terbuka dengan jumlah koleksi terbanyak.

Ada pulau danau, air mancur dan air terjun. Jika ingin berkeliling dengan menaiki kuda juga bisa. Ada satu yang luar biasa, Anda bisa melihat pohon sakura di sini, tentunya, bunga ini hanya mekar pada bulan tertentu, ya. Wah, tak perlu jauh-jauh ke Jepang.

Suhu di sini berkisar antara 17 hingga 27 derajat. Saya ingat betul, sewaktu sekolah dulu, bersama teman-teman, kami pernah berkemah di sini, di siang hari, suasananya begitu sejuk, nikmat sekali rasanya bagi kami yang terbiasa dengan teriknya Jakarta. Sampailah di malam hari, barulah udara dingin terasa, terutama menjelang waktu tidur. Walaupun sudah mengenakan selimut dan jaket, masih saja terasa dingin, bahkan gigi pun sampai ‘gemelutuk’. Tapi mungkin sekarang tak sedingin dulu..

Kawasan wisata ini memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, tempat bermain anak, musholla, toilet, pendopo, teater terbuka hingga area camping seluas tiga hektar.


Image: saifulmuhajir + cosmopolitan.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar