Rabu, 09 September 2015

Kastel Indah di Dunia yang Memikat

Mendengar kata ‘kastel’, seakan membawa imajinasi kita melayang ke dunia dongeng, membayangkan raja dan ratu yang tinggal di dalamnya. Tidur dalam kasur berisi bulu angsa, mengenakan jubah berbahan beledu, memakai emas dan permata. Dengan pengawal-pengawal yang setia melayani mereka. Apa, ya, rasanya menjadi seorang raja? Apa, ya, rasanya tinggal di dalam kastel? Mengobati rasa penasaran, tak ada salahnya melongok beberapa kastel di dunia.

Kastel Hohenzollern di Stuttgart, Jerman.
Katanya, kalau Anda sedang berjalan-jalan di kota ini, bagaikan baru saja melewati mesin waktu. Anda bakal terasa kembali ke masa silam, karena kota ini bertabur peninggalan bersejarah. Berada di ketinggian 900 meter di puncak bukit Zollern, Kastel Hohenzollern menjulang dengan indahnya. Kastel bergaya neogothic ini memiliki 140 ruangan. Di dalamnya, terdapat koleksi benda-benda antik peninggalan sejarah Prusia. Beberapa ruangan pribadi di kastel ini menggunakan kayu-kayu berharga pada lantainya, dipadukan dengan lukisan yang memenuhi dinding hingga ke langit-langitnya.

Selain menjadi tempat tinggal kerajaan, kastel ini juga memiliki gereja, beberapa menara pantau dan tentu saja benteng.
Image: mydeutschlandblog

Kastel Himeji di Jepang
Jalan-jalan ke Jepang, jangan cuma berbelanja saja, mari kunjungi tempat-tempat bersejarahnya untuk menambah wawasan. Kastel Himeji misalnya, yang bisa Anda jumpai di Kota Himeji, bejarak 50 km dari barat Kobe. Kastel yang katanya sudah berdiri selama 400 tahun ini, dijuluki ‘White Heron’ atau Bangau Putih, karena dindingnya dilapisi dilapisi dengan plester putih yang tahan terhadap api. Hebat, ya? Karena kastel-kastel di Jepang dibangun dengan kayu, bukan batu, jadi perlindungan terhadap api, adalah hal penting.   

Ada banyak festival yang diadakan di kastel ini, seperti Himeji Castle Cherry Blossom Viewing Fair dan Princess Sen-hime Peony Festival di musim semi, Himeji Castle Festival di musim panas, Moon Viewing Fair dan Himeji Ceramics Market di musim gugur .Pernah melihat kastel ini di tv? Ya, kastel ini memang suka dijadikan background untuk film-film bernuansa klasik di Jepang.
Image: japan-guide

Kastel Jinju di Korea
Benteng Jinjuseong ini memiliki nama asli Benteng Chokseokseong, yang dibangun pada masa Dinasti Goryeo dan rampung pada masa Dinasti Joseon, pada masa inilah namanya diganti menjadi Benteng Jinjuseong. Kastel ini terkait dengan kisah penyerangan oleh Jepang pada tahun 1592. Di depan kastel ini, terdapat sungai yang indah.

Selain itu, di dalam kastel ini, terdapat taman yang luas dan museum, Anda bisa sedikit memperlajari kebudayaan, juga sejarah Korea Selatan. Ingin menyaksikan festival lentera di sepanjang sungai? Datanglah ke Korea pada bulan Oktober.
Image: commons-wikipedia

Jadi semakin penasaran!

Baca juga:
Menengok Matahari Terbit di Balik Gunung Sindoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar