Selasa, 08 September 2015

Menengok Matahari Terbit di Balik Gunung Sindoro


Gunung Sindara, Sindoro atau disebut juga dengan Sundoro adalah gunung merapi yang hingga kini masih dalam keadaan aktif. Letaknya berada di dekat Temanggung, Jawa Tengah. Gunung Sindara bersebelahan dengan Gunung Sumbing.

Keindahan gunung ini didapat dari kawasan hutan di sekitarnya yang cukup luas, juga hamparan pohon pinus, kebun teh kebun dan sayuran di bagian lereng-lereng gunung.

Info yang didapat, jika Anda ingin melakukan pendakian lewat Sigedang, Anda mesti lebih dulu melapor ke kepala desa, sementara itu, Anda bisa menginap di rumah-rumah warga setempat yang biasanya juga menjadi guide menujun gunung. Sedangkan untuk pendakian lewat Kledung, belum menggunakan izin khusus tapi tetap harus memberikan info pada petugas setempat. Maklum, dikatakan, jalur pendakian ini cukup menantang dan kabarnya masih ‘berbau’ mistis.

Masih di kawasan ini, di hutan Rasamala (diambil dari nama tumbuhan yang tumbuh subur di hutan ini), ada pohon terbesar di lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, disebut dengan pohon Walitis. Menurut kepercayaan setempat, pohon ini berasal dari sebuah tongkat yang ditancapkan ke tanah, milik salah seorang pengikut wali, yaitu Ki Ageng Makukuhan.

Jika Anda penasaran dengan Gunung Sindoro tapi tidak mau mendakinya, cobalah datangi kawasan Lembah Posong, di sini Anda bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing sekaligus. Terutama ketika datang waktunya matahari terbit, akan luar biasa pemandangannya.

Memang, sedikit membutuhkan ‘perjuangan’ untuk mencapai kawasan ini. jalanannya masih berupa jalanan berbatu dan hanya cukup seluas satu mobil saja. Jalanannya sedikit menanjak, cukup licin di kala hujan dan kadang tertutup embun. Maka sangat penting berhati-hati jika Anda lewat sini. Jika bingung dengan arahnya, warga sekitar akan membantu Anda.

Di kawasan ini, nikmati sejuknya udara, sambil melepas lelah duduk santai di pondok-pondok yang sudah disediakan. Fasilitas di sini masih seadanya, tapi jika ingin menginap, ada rumah-rumah kecil semi permanen yang disediakan. Jangan lupa, untuk mencicipi kopi khas daerah setempat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar