Jumat, 04 September 2015

Danau Titicaca, Danau Indah Penuh Mitos


Danau Titicaca terletak di Pegunungan Andes, di bagian barat dari Bolivia dan di bagian timur Peru. Danau ini adalah danau yang letaknya paling tinggi di dunia dan merupakan danau ke dua yang terbesar di Amerika bagian selatan. Kawasan danau ini memiliki 41 pulau. Terbayang, kan, betapa luasnya?

Ada kisah menarik mengenai danau cantik ini, konon, dulu ada seorang raja yang berasal dari suku Indian Arca, yang bernama Atahualpa sebagai peguasa danau tersebut. Suatu hari, sang raja mendapat petunjuk dari dewanya untuk menimbun emas kerajaannya, di dalam danau Titicaca. Kemudian ia dan para pengikut setianya dengan patuh menimbun emas mereka ke dalam danau tersebut. Cerita lainnya, danau ini adalah tempat yang suci bagi suku Inca, dipercaya, raja pertama suku ini, Manco Capac, lahir di sini.

Tempat terbaik untuk menginap selama di kawasan ini adalah Kota Puno, Peru. Selain bisa mengunjungi Katedral yang menawan. Tak jauh dari Kota Puno, Anda juga bisa melihat Kota Cusco yang tak kalah indahnya. Ketika sudah berada di daerah ini, jangan lupa untuk melihat Macchu Picchu, situs bersejarah yang sangat terkenal itu.



Tempat lain yang bisa dikunjungi di sini adalah Islas Uros, yang merupakan objek wisata Danau Titicaca yang utama. Islas Uros adalah danau terapung. Mendatangi lokasi ini, seperti sedang menonton film fiksi. Terdapat rumah-rumah yang seluruhnya terbuat dari alang-alang totora. Kapal yang digunakan masyarakat setempat juga terbuat dari alang-alang ini, bentuknya, unik sekali. Beberapa warga setempat ada yang menyediakan tempat untuk tinggal di kawasan. Mereka akan membantu Anda berwisata, menyediakan makanan dan sebagainya. Sebagai bonus, jika beruntung, Anda bisa melihat flamingo di sini.

Bagi Anda yang suka dengan suasana pegunungan, cobalah mengunjungi Ichu, yang berjarak sepuluh kilo dari Puno. Menempuh waktu beberapa menit saja untuk mencapai atas bukit dan saksikan pemandangan indah yang tak terlupakan.

Masih ada banyak lagi objek wisata dan lokasi-lokasi menarik lainnya jika Anda berkunjung ke sini.

Image: sugestkeywords + aracari

Baca juga:
Berkeliling Dengan Sampan di Pulau Pari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar