Selasa, 22 September 2015

Indahnya Pura Ulun Danu Beratan


Pura Ulun Danu, gambarnya mungkin seringkali Anda lihat pada uang kertas pecahan 50.000. Pura Ulun Danu Beratan, berlokasi di dataran tinggi Bedugul, Kabupaten Tabanan. Jika Anda menginap di Pusat Kota Denpasar, untuk mencapai pura ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Pura yang dibangun untuk tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu (yang berarti danau dalam bahasa Bali) ini berada di tengah danau Beratan (Atau Danau Gunung Suci), danau ke dua terluas di Bali, setelah danau Batur. Pura Ulun Danu, adalah pura ke dua terbesar di Bali, setelah Pura Besakih.

Di depan halaman pura terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa megalitik, yaitu sekitar 500 SM. Kedua artefak ini  sekarang ditempatkan masing-masing di atas teras. Diduga, bahwa lokasi pura ini sudah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ritual tertentu sejak zaman megalitik. Sedangkan pura ini sendiri, dibangun pada sekitar tahun 1500an.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Nikmati keindahan danau dengan mengelilinginya, Anda bisa berjalan kaki atau pun menyewa perahu. Atau ingin menjajal kegiatan air? Cobalah jetski atau banana boat. Saya pribadi, lebih memilih untuk melakukan parasailing, supaya saya bisa melihat cantiknya pura dan danau secara menyeluruh dari atas. Menurut saya pun, permainan air di kawasan ini sedikit lebih terjangkau jika dibandingkan dengan lokasi lainnya.

Anda bisa berkunjung ke kebun Raya Eka Karya, yang merupakan satu-satunya kebun raya di Bali, beragam buah dan sayur-mayur ditanam di sini. Di sekitar area wisata, Anda bisa membeli hasil kerajinan tangan masyarakat setempat untuk dijadikan oleh-oleh, misalnya, topi anyaman, dan hiasan rumah berbahan dasar bambu.

Tips untuk Anda, datanglah ke tempat ini dengan pakaian yang cukup tebal, karena daerah ini cukup dingin. Suhu di sini berkisar dari 18-22 derajat. Ke dua, di sini seringkali turun hujan, jadi sebaiknya Anda membawa payung dan gunakan sandal.

Danau yang bersih ini semakin indah berpadu dengan cantiknya pegunungan di sekitarnya, ditambah lagi dengan bunga yang ditanam begitu rapi di pintu masuknya. Walau terkadang tertutup kabut putih, pemandangan di kawasan pura ini, justru semakin menawan.

Image: wall.alphacoders

Tidak ada komentar:

Posting Komentar