Minggu, 20 September 2015

Lestarikan Pulau Kauna


Pulau Selayar, membentang seluas 80 kilimeter dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Taka Bonerate. Di taman ini, tersimpan kehidupan air yang luar biasa. Misalnya, terumbu karang yang berwarna-warni, spons raksasa, penyu dan beragam jenis ikan, seperti ikan tuna, pari manta dan duyung.

Masih di kawasan Taka Bonerate, yang bisa Anda kunjungi lainnya adalah Pulau Kayuadi. Pulau ini memiliki tiga gunung, yang pada masing-masing gunung, terdapat makam-makam pahlawan yang sayangnya, hingga sekarang, tidak diketahui siapa identitasnya. Dari Pulau Kayuadi ini Anda bisa melihat sebuah pulau cantik lainnya, Pulau Kauna yang letaknya terpencil. Namanya belum banyak disebut, bahkan jika mencarinya di internet pun, sangat susah untuk mendapatkan informasinya.

Dari info yang didapat, dengan kapal motor, dibutuhkan sekitar setengah jam untuk mencapai pulau Kauna ini. Dari kejauhan saja, sudah terlihat pasirnya yang putih bersih, bercampur dengan warna-warni pecahan terumbu karang. Airnya jernih, berwarna biru kehijauan.

Sayangnya, kabarnya terumbu karang di sekitar pantai ini banyak yang hancur. Ada anggapan yang beredar di masyarakat setempat, yang memercayai pulau ini sebagai pulau ber’penghuni’, tapi tidak sedikit pula yang mengatakan, jikalau anggapan tersebut hanyalah akal-akalan saja, yang dibuat oleh nelayan yang mengeruk habis-habisan hasil laut di sekitar sini, dengan merusak.

Sampah juga berserakan di bibir pantai ini karena terbawa arus. Tapi walaupun begitu, Anda masih bisa menjumpai teripang dan bintang laut beragam warna di sisa-sisa karang. Sayang sekali, ya, pantai yang begitu cantik ini seperti tidak mendapatkan perhatian, baik dari masyarakat sekitarnya mau pun dari mereka yang berwajib. Padahal, jika dirawat dan difasilitasi, mungkin saja, kan, bisa menjadi daerah wisata yang baik?

Image: awalinfo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar