Sabtu, 05 September 2015

Anambas yang Bertabur Keindahan Alam (Part 1)



Bicara soal keindahan pantai, mungkin Indonesia menjadi salah satu jagoannya. Kepulauan Anambas di Riau ini adalah salah satu buktinya. Gugusan ini memiliki 238 pulau dengan total pulau yang berpenghuni, hanya ada 26 saja, jadi bisa dikatakan, daerah ini belum begitu terjamah oleh manusia. Anambas telah menjadi lokasi menyelam yang terkenal, terutama oleh penyelam dari luar negeri.

Jadi, kalau Anda menginap di sekitar Riau, berikut beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan Anambas.

Pulau Durai
Pulau yang ada di Kecamatan Palmatak ini, merupakan kawasan konservasi penyu sisik dan penyu belimbing, maka itu, pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Penyu. Memang, perlu ‘usaha’ cukup panjang untuk mencapai pulau nan indah ini. Jika Anda berangkat dari Batam, Anda bisa menggunakan pesawat perintis dengan tujuan Bandara Matak, selanjutnya dilakukan perjalanan darat ke pelabuhan, dilanjutkan lagi dengan speedboat ke pelabuhan Tarempa, terakhir, kembali menaiki speedboat ke Pulau Durai ini. Perjalanan berjam-jam akan terbayar begitu Anda menyaksikan eloknya pemandangan di Pulau Durai.

Selain melihat indahnya kehidupan bawah laut di Pulau Durai, di malam hari, Anda bisa melihat penyu-penyu yang sedang bertelur. Jika ingin menginap di sini, sayang sekali, tidak ada penginapan di sini, hanya ada tempat untuk petugas pelestarian penyu.
Image: nationalgeographic


Pulau Bawah
Pulau Bawah, yang berada di Kecamatan Siantan Selantan ini, katanya, adalah pulau tropis terindah, yang mengalahkan empat pulau tropis lainya, yaitu Koh Cang di Thailand, Langkawi di Malaysia, Teluk Halong di Vietnam, dan Similand Islands di Thailand. Bahkan, Pulau Bawah disebut-sebut tak kalah mengagumkan dengan Maladewa.

Pulau Bawah memiliki dua pantai berhadapan, yang ketika air laut sedang surut, Anda bisa berjalan kaki menuju pulau kecil di depannya. Batu-batuan granit disekelilingnya menambah keindahan pulau ini. Pulau Bawah dikelilingi empat pulau kecil, yaitu Pulau Bawah itu sendiri, Pulau Lidi, Pulau Elang, Pulau Murba dan Pulau Sangga. Lima pulau inikah yang membentuk formasi laguna.

Di pulau ini, banyak kegiatan yang bisa Anda nikmati, mulai dari snorkeling menengok keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berenang disekitarnya, bermain kano dan pastinya berfoto mengabadikan gambar diri Anda ketika berada di tempat indah ini. Sedang disiapkan resort yang diharapkan rampung pada tahun ini.
Image: citysaidah

Pulau Ayam
Kenapa dinamakan Pulau Ayam? Di sini, ada bagian batu di bukit yang menjulang, bentuknya kalau dilihat-lihat memang cukup mirip dengan leher dan kepala ayam. Berlokasi di Desa Bukit Padi, perairan pulau ini begitu jernih dan memiliki habitat terumbu karang yang masih alami. Sudah pasti, area ini menjadi area yang tepat untuk berenang, snorkeling, diving, dan memancing. Ingin menikmati hangatnya sinar matahari pun, bisa dilakukan sembari duduk-duduk di gazebo yang sudah disediakan.

Kalau ingin bermalam di sini, bisa menginap di rumah-rumah warga setempat atau mendirikan tenda di sekitar pantai? Pastinya membuat berlibur makin berkesan, kan?
Image: titimellyani

Masih banyak, nih, pulau-pulau keren yang bisa Anda nikmati di area Anambas ini. Tunggu infonya di ulasan selanjutnya, ya!

Baca juga:
Danau Titicaca, Danau Indah Penuh Mitos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar