Selasa, 15 September 2015

Menatap Indahnya Indonesia dari Atas Rinjani


Jalan-jalan ke Lombok, belum lengkap rasanya jika cuma menikmati pantainya saja. Pegunungan di Lombok, tak kalah cantik untuk dinikmati.

Pendakian Gunung Rinjani adalah salah satu objek wisata andalan di daerah Taman Nasional Gunung Rinjani. Pencapaian puncak Rinjani dirasakan sebagai suatu kebanggaan tersendiri oleh para pecinta alam. Keindahan alam yang menakjubkan, membuat pendaki yang datang ke Rinjani selalu bertambah setiap tahunnya, tak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari negara lain. Memanjakan mata dengan hijaunya alam Indonesia, adalah hal yang diincar di sini.

Pemandangan terbaik tentu saja jika disaksikan di pagi, jika cuaca baik dan bersih, dari puncak Rinjani, Anda bisa menyaksikan Gunung Tambora (Sumbawa), Gunung Agung (Bali) dan Gunung Raung (Banyuwangi) sekaligus.

Jalur pendakian Gunung Rinjani biasanya ramai pada bulan Juli hingga Agustus, pendakinya didominasi oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin merayakan hari kemerdekaan Indonesia di puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Ada tiga jalur pendakian Gunung Rinjani, yaitu jalur Senaru, Sembalun dan Danau Segara Anak. Untuk jalur Senaru, adalah jalur yang paling ramai. Jalur ini, selain sebagai trek pendakian, juga dipakai oleh masyarakat setempat untuk melakukan acara adat di puncak Rinjani atau di Danau Anak Segara.

Jalur Sembalun. Jalur ini tak terlalu curam bila dibandingkan dengan jalur Senaru, namun treknya dipenuhi belokan dan jurang di tepi kiri dan kanan. Sinar matahari begitu menyengat, tapi dengan pemandangan savana yang membentang, lelah dan cuaca panas pun seakan tak terasa.

Untuk mencapai Danau Segara Anak, Anda membutuhkan tujuh hingga sepuluh jam, dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru, sedangkan kalau dari jalur pendakian Sembalun membutuhkan waktu delapan sampai sepuluh jam. Di sekitar danau, terdapat area datar yang biasa dipakai untuk lokasi berkemah. Di sana Anda juga bisa memancing atau melepas lelah dengan berendam di air hangat yang mengandung belerang.

Masih di sekitar danau, ada beberapa goa yang bisa Anda lihat, yaitu Goa Manik, Goa Payung dan Goa Susu yang dipercaya sebagai tempat bermeditasi.


Image: infounik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar