Rabu, 26 Agustus 2015

Meriahnya Jajanan Khas Bandung


Jalan-jalan ke Kota Bandung tak pas rasanya kalau tidak berbelanja ke factory outlet dan menikmati jajanan khas. Mungkin, Bandunglah kota yang paling banyak jenis jajanannya. Kreatif dan mau mencoba, mungkin itulah kalimat yang tepat. Yuk, kita cicipi..

  • Cireng. Aci digoreng, jajanan ini populer di daerah Priangan. Camilan yang terkenal di tahun 80-an ini awalnya didominasi rasa bawang putih di dalamnya. Berganti zaman, pembuat cireng pun semakin kreatif. Dari isi bakso, sosis sampai keju, lengkap, deh!
  • Cilok. Kenalkan ‘saudaranya’ cireng, cilok. ‘Aci dicolok’. Bedanya dengan cireng, cilok memakai saus tambahan, seperti bumbu kacang pada siomay.
  • Cimol. Masih soal aci. Cimol, atau aci digemol, maksudnya, aci yang dibulat-bulatkan. Biasanya, cimol ‘ditemani’ dengan saus asam jawa, yang terbuat dari bahan sederhana seperti air, gula merah, gula pasir, cabai, bawang putih dan air asam jawa.
    Image: duniakuliner88
  • Colenak. Atau ‘dicocol enak’. Jajanan ini terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.
  • Seblak. Seperti kerupuk yang direndam bumbu, kira-kira begitulah jajanan Bandung yang satu ini. Ada seblak basah, ada seblak kering. Bumbunya gurih, pedas, bikin susah berhenti mengunyah. Kalau ingin membawa seblak untuk oleh-oleh, sekarang sudah banyak seblak yang dijual dalam kemasan.
  • Surabi bandung. Sekilas bentuknya mirip dengan pancake. Ada daerah lain yang juga terkenal dengan serabi, Solo misalnya, tapi bentuk dan rasanya sedikit berbeda dengan surabi bandung.
  • Mi kocok bandung. Kenyang dengan camilan? Mari makan berat. Jajal mi kocok bandung, yuk.
  • Es goyobod. Apa bedanya dengan es yang lain? Es ini ditambah dengan potongan adonan hunkue. Ditambah dengan buah alpukat dan kelapa muda. Pas benar untuk penutup setelah kenyang makan camilan khas Bandung.
    Image: resep82

Bicara soal makanan, perut jadi lapar. Jadi pengin cepat-cepat wisata ke Bandung, ya? Mari menginap sejenak di Kota Bandung, banyak, kok, hotel murah di Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar