Senin, 31 Agustus 2015

Menikmati Cantiknya 17 Pulau di Taman Laut 17


Berlokasi di Kecamatan Riung, Nusa Tenggara Timur. Taman laut ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang kawasannya tersebar di sepanjang Toro Padang sampai Pulau Pangsa. Dinamakan Taman Laut 17 Pulau Riung, untuk memudahkan orang mengingat nama pulau ini, yang serupa dengan tanggal kemerdekaan negara kita. Selain itu, memang pulau besar di kawasan ini, berjumlah 17. Terbayang berapa luas hamparan keindahan lautan kalau Anda berkunjung ke sini?

Beberapa pulau tersebut, diantaranya adalah Pulau Ontoloe yang merupakan pulau terbesar, Pulau Pau, Pulau Kolong, dan sebagainya. Saking luasnya, gugusan kepulauan ini mencakup 5 desa sekaligus.



Hamparan pantai, hutan kering di daratan dan jejeran pohon bakau di pesisirnya, pastilah sebuah pemandangan yang memukau. Bintang di gugusan pulau ini tentu saja kehidupan bawah lautnya. Air biru yang jernih dan pasir putih bersih menjadikan hewan-hewan dan terumbu karang yang ada, bisa dilihat dengan jelas. Pulau Rutong dan Pulau Tiga adalah lokasi terbaik untuk melakukan snorkeling.

Lain dengan Pulau Ontoloe yang didiami oleh ribuan kelelawar. Di sekitar pulau ini dan di daerah perbukitan sekitar, menjadi rumah biawak raksasa Riung, yang disebut dengan “mbou”. Hewan asli lainnya dari kawasan ini adalah rusa timor, ayam hutan, burung gosong dan masih banyak lagi.

Tak banyak penginapan di daerah ini, hanya ada beberapa bungalow saja dan beberapa tempat makan. Anda pun disarankan untuk memulai petualangan Anda di pagi hari. Anda bisa menggunakan jasa nelayan sekitar untuk berkeliling di sekitar pulau

Untuk mencapai wilayah ini, Anda mesti ‘berjuang’ melewati jalan di bukit yang berliku-liku, masih kurang?  Dengan jurang di sampingnya. Tapi, semuanya akan terbayar begitu Anda sampai dan menyaksikan ‘surga lautan’ di Taman Laut 17 tersebut.

Lokasi yang cocok sebagai alternatif pelesir ke Lombok? Siapkan beberapa hari Anda spesial untuk  menjelajahi indahnya bentangan Taman Laut 17. 
Image: wisata.nttprov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar