Selasa, 18 Agustus 2015

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Liburan


 Pergi liburan, tidak semata-mata pesan tiket pesawat dan booking hotel online. Segala kemudahan teknologi sekarang ini, bisa jadi justru membuat Anda lupa, kalau masih ada beberapa hal lainnya yang mesti Anda siapkan sebelum pergi jalan-jalan.

  1. Kelengkapan dokumen.
    Sudah siapkah passport dan dokumen Anda yang lainnya? Ingat, setiap negara memiliki aturan yang berbeda, jadi pastikan visa dan surat-surat Anda lainnya sudah benar, terutama tanggal yang tertera. Mengecek kembali tanggal kedaluwarsa passport juga diwajibkan.
  2. Pengetuahuan umum mengenai lokasi yang bakal Anda datangi.
    Misalnya, dari jauh hari, Anda sudah mulai mencari tahu, kira-kira objek wisata apa saja yang pengin Anda datangi dan mencari tahu lokasi restoran di sekitar hotel Anda. Hal penting lainnya adalah mengetahui perbedaan waktu, yang berguna untuk mengetahui jam sholat misalnya, terutama untuk jam penerbangan. Anda tidak mau sampai ketinggalan pesawat karena salah waktu, kan?
    Untuk memudahkan kegiatan liburan, jika berminat untuk pelesir ke tempat yang jauh dan asing, sebaiknya mengukuti tour.
  3. Kondisi cuaca.
    Pastikan Anda lebih dulu mengecek informasi mengenai cuaca di lokasi tujuan Anda berlibur. Informasi seperti ini bisa Anda cari di internet. Jangan sampai, Anda membawa sweater di kala cuaca panas, atau sebaliknya. Kan, tidak lucu kalau harus jalan-jalan dalam keadaan cuaca bermasalah.
  4. Uang.
    Pastikan Anda sudah menukar uang Anda ke mata uang negara tujuan Anda. Kalau Anda ingin menukarnya di negara yang bersangkutan, setidaknya, tukarlah dulu secukupnya, misalnya untuk membayar transportasi dari bandara hingga hotel. Bisa juga, untuk berjaga-jaga kalau Anda harus membeli makan sesampainya di bandara. 
  5. Catat nomor-nomor penting.
    Jika berpergian jauh, jangan lupa mencatat dan membawa nomor-nomor penting, salah satunya adalah nomor kedutaan.

Ada pun yang jauh lebih penting dari hal-hal di atas, yaitu kesehatan. Siapkan stamina dengan baik. Jika semua hal sudah disusun dengan rapi, maka perjalanan Anda akan jauh lebih aman dan nyaman, kan? Happy holiday.

Image: accu-checkdiabeteslink

Baca juga:
Berburu Kopi Asli Sumatra (Part 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar