Rabu, 12 Agustus 2015

Berburu Kopi Asli Sumatra (Part 2)


Masih ingat, artikel saya yang lalu, tentang jenis-jenis kopi asli dari tanah Sumatra. Waktu itu, kita hanya berkesempatan membahas tiga jenis kopi. Nah, sekarang, mari kita lanjutkan pembahasannya. Ambil secangkir kopi hangat dulu, yuk, untuk teman kita membaca.

Kopi Besemah
Mari sejenak menelusuri  si kota pempek, Palembang. Kopi Besemah, adalah kopi dengan sebagian besar berjenis robusta yang menjadi favorit warga Palembang. Kalau Anda datang ke sini, aroma kopi ini akan tercium di mana-mana. Yang paling banyak dicari adalah kopi yang berasal dari Pagaralam (di sekitar gunung Dempo yang terkenal itu).

Lagi-lagi, keberadaan kopi ini terkait dengan penjajahan Belanda. Kisahnya, kopi Pagaralam adalah kopi favorit seorang Ratu Belanda yang tinggal di kawasan tersebut. Bahkan kabarnya, sampai ada kebun kopi khusus yang seluruh hasil panennya dikirim ke istana ratu tadi.

Selain dari gunung Dempo, juga ada kopi Besemah dari daerah Muara Enim dan OKU Timur (dikenal dengan Kopi Semendo), juga dari sekitar Kabupaten Lahat dan Empat Lawang. Nah, kalau mau mencicipi kopi ini, di pusat kota Palembang juga tersedia, kok. Di pasar 16 Ilir misalnya. Begitu Anda datang, kopi akan segera dipanggang. Mau langsung dinikmati bisa, dibungkus untuk oleh-oleh juga bisa.
Image: sipalexis20

Kopi Lampung
Kopi dari daerah Lampung juga menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia. Robusta adalah jenis yang paling banyak ditanam di sini. Pusat perkebunannya berada di kawasan Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus (yang mengahsilkan 40 persen dari keseluruhan kopi dari Lampung). Walaupun pahit dan memiliki kadar kafein yang tinggi, kopi Lampung selalu dicari.
Image: lampost

Wah, ternyata, di daerah Sumatra saja sudah banyak sekali, ya, jenis kopinya. Semoga, ulasan ini bisa meningkatkan kecintaan kita pada nikmatnya rasa kopi dari negeri kita sendiri ya. Tergiur juga, nih, untuk jalan-jalan ke Sumatra menikmati kopi nikmat. Mungkin saatnya pesan tiket dan segera booking hotel online?

Pada artikel berikutnya, mari kita cari lebih banyak info tentang kopi asli Indonesia dari daerah lainnya. Tunggu, ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar