Minggu, 16 Agustus 2015

Daerah Penghasil Bunga di Indonesia


Wow! Cantiknya bunga-bunga di Indonesia.

Anda tidak perlu keluar banyak uang dan pergi jauh-jauh pelesir ke Belanda atau Turki untuk melihat cantiknya bunga-bunga bermekaran. Karena di tanah kita sendiri, berhamburan bunga-bunga cantik yang layak dinikmati keindahannya.

Tomohon, Manado
Sudah tentu jenis bunganya berbeda, tapi lihat saja sendiri, sama cantiknya, kok. Kondisi tanah daerah Tomohon yang sangat subur, menjadikannya wilayah yang cocok untuk bercocok tanam berbagai bunga. Sampai-sampai, di sini diadakan festival bunga yang disebut dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF). Kemeriahan acara ini bisa Anda saksikan di sekitar bulan Juni dan Juli. Anda akan menyaksikan parade bunga di jalanan kota juga pagelaran seni dan budaya. Malahan, katanya ada kontes ratu bunga segala, loh. Mari, melancong ke Manado!

Selain berkunjung menikmati bunga yang bermekaran, Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati sejuknya udara di sekitar pegunungan, bahkan menyaksikan gunung merapi yang masih aktif, yaitu gunung Lokon dan Mahawu.
Image: infopublik

Takengon
Di Takengon, Aceh Tengah, Anda bakal menjumpai bunga mawar di mana-mana. Mulai dari yang tumbuh liar hingga yang memang dikembangbiakkan oleh masyarakatnya. Mulai dari pinggir jalan, hingga ke rumah-rumah penduduk, semua ditumbuhi oleh mawar yang cantik. Selain bunga mawar, banyak pula bunga dahlia.

Bayangkan, duduk-duduk menikmati cantiknya kembang bermerkaran, ditemani dengan secangkir kopi khas Aceh yang nikmat. Hmmmm!
Image: igsta

Kota Batu
Judulnya, sih, boleh saja ‘kota batu’, tapi nyatanya tanah di sini begitu subur. Salah satu buktinya adalah anggrek punten. Beragam jenis anggrek tumbuh subur. Bahkan desa Punten- Bumiaji ini, mampu menjadi pemasok anggrek hingga ke berbagai daerah, seperti Bandung, Jogjakarta, Malang, hingga ke luar negeri. Selain anggrek, banyak juga bunga mawar yang tumbuh di daerah Gunungsari. Mawar yang tersedia di sini, dibagi menjadi tiga jenis, yaitu mawar
Holland, mawar Singapura dan mawar India.
Image: rynari

Cihideung
Taman Bunga Cihideung terletak di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung. Dengan luas taman sekitar 50 hektar, desa wisata bunga Cihideung pastinya bagaikan kebun bunga raksasa. Selain taman, di rumah-rumah penduduk di sana pun, nyaris dipastikan turut ditanami aneka tanaman hias. Anda ingin membeli bunga potong pun ada. Taman bunga ini menjadi pemasok bunga untuk ke daerah sekitarnya, seperti Bandung dan Jakarta.
Image: baliplusmagz


Jika Anda mencari bunga-bunga segar untuk menghias rumah atau untuk dekorasi pesta, mungkin Anda bisa mencarinya di lokasi-lokasi di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar