Sabtu, 13 Februari 2016

Pulau Kadidiri Pesona di Sulawesi Tengah


Anda suka tualang ke pulau perawan? Nah, kalau begitu, Anda perlu datang ke Pulau Kadidiri, nih. Pulau ini letaknya ada di Sulawesi Selatan, yang beribukota di Palu. Kabarnya, pantai yang ada di Sulawesi Tengah ini justru lebih tenar di kalangan turis mancanegara ketimbang warga Indonesia sendiri, loh. Daripada penasaran, yuk, kita baca ulasannya.

Pulau Kadidiri, berada di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Ya, rasanya wajar saja kalau indah. Tepatnya, pulau ini ada di Teluk Tomini dan lokasinya begitu jauh dari pusat kota. Untuk tiba di pulau cantik ini, Anda mesti berangkat dari dermaga di Kota Ampana hingga ke Pulau Wakai, dengan perahu selama sekitar 3-6 jam perjalanan. Kemudian masih harus lanjut lagi hingga ke Pulau Kadidiri selama setengah jam. Jika ingin cepat, Anda bisa menyewa speedboat, namun sayangnya, speedboat ini tidak available setiap hari.

Kegiatan di pulau ini, tentu saja menikmati keindahan bawah lautnya. Pulau Kadidiri memang tersohor memiliki kekayaan biota laut. Anda bisa puas snorkeling dan diving. Bahkan, saking jernih dan bersihnya air di sini, Anda bisa melihat terumbu karang tanpa mesti menyelam cukup dengan memandang dari permukaan air saja. Jika ingin melihat ke spot-spot terbaiknya, Anda bisa menyewa speedboat. Semakin banyak berbagi dengan penumpang lainnya, biayanya semakin murah dan jika Anda beruntung, Anda bisa melihat penyu dan hiu. Oh, ya, salah satu spot diving terbaik di sini berupa bangkai pesawat peninggalan perang dunia II.

Jika suka memancing, mintala guide membawa Anda ke Kundurang yang merupakan tempat memancing terbaik di pulau ini. Kegiatan lainnya adalah berlayar mengelilingi pulau dan trekking di hutan tropisnya sambil menikmati kicauan burung yang bertengger di pepohonan. Atau sekadar bersantai berjemur di bibir pantai.

Meski termasuk dalam golongan pantai perawan, di sini sudah ada fasilitas penginapan seperti resort dan cottage. Masing-masing memiliki fasilitas dan biaya yang berbeda, tinggal sesuaikan dengan biaya liburan Anda.

Image: teguhgigoaryanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar