Rabu, 24 Februari 2016

Pesona Pulau Buano Maluku


Anda sudah pernah mendengar tentang Pulau Buano? Pulau Buano ini, masih dalam gugusan Pulau Kelang dan Pulau Manipa, makanya, kepulauan ini disebut dengan Makebu, yang merupakan singkatan dari ketiganya. Pulau Buano berada di Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram, Maluku. Ya, sama seperti Bali, Maluku juga menyimpan begitu banyak pantai yang cantik.

Untuk pulaunya sendiri, mungkinn hanya berwujud karang raksasa yang ditumbuhi oleh pepohonan. Namun, yang membuatnya menjadi indah adalah justru ketika melewati kawasan ini, mirip dengan suasana di Raja Ampat sana katanya. Selain itu, Pulau Buano juga memiliki pantai yang indah. Pasirnya putih bersih. Meskipun tak luas, namun pantainya cukup landai, jadi area untuk melihat pasir bersih tadi, jadi sedikit lebih lebar. Di sekitar pantai di sini juga masih banyak terumbu karangnya.

Tak jauh dari pulau ini, Anda masih bisa menemukan perkampungan adat milik Puana, atau penduduk asli Buano Utara . Berbagai peninggalan leluhur masih dilestarikan di desa ini, mula dari kebiasaan sehari-hari, upacara hingga bentuk tempat tinggal masyarakat setempat.

Berkunjung ke Pulau Buano rasanya tak cukup hanya sebentar, karena di kawasan ini juga masih ada beberapa pulau lainnya yang bisa Anda kunjungi. Misalnya, Pantai Anauni. Di pantai tak berpenghuni ini, pemandangannya juga indah. Terdapat pegunungan di belakang pantai. Pesona bibir pantai semakin berwarna dengan adanya perahu-perahu kecil yang berjajar rapi.

Ada juga Pulau Kelapa dan Pulau Osi. Dinamakan Pulau Kelapaa, mungkin karena banyaknya pohon kelapa di pulau ini. Ada yang menarik, nih, di sini, kedua pulau ini dihubungkan dengan jembatan yang katanya panjangnya mencapai 100 meter. Terbayang, tidak, menyaksikan pemandangan yang cantik di sini sambil menyusri jembatan tersebut? Sambil berfoto ria, wah, pasti keren, ya, hasilnya.

Image: pulaukelangsole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar