Rabu, 21 September 2016

Segarnya Hidangan Es Asli Indonesia


Indonesia yang dilalui oleh garis katulistiwa, menjadikan cuaca di sekitar kita selalu panas, makanya tidak heran, deh, kalau di Indonesia banyak sekali hidangan yang disajikan dengan es.

Es cendol
Katanya, nama es cendol ini berasal dari kata ‘jendol’ dalam bahasa Sunda, karena ada rasa jendolan ketika memakannya. Es ini bahan dasarnya adalah tepung beras yang diberi pewarna alami dari daun suji. Sedangkan airnya terbuat dari gula aren cair dan santan. Agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan irisan buah nangka. Es cendol juga terkenal hingga ke negara tetangga, loh. Di Malaysia, Anda bisa menemukan banyak penjual es cendol.

Es pisang ijo
Es ini adalah hidangan khas dari Makassar. Sesuai dengan namanya, es ini bahan utamanya adalah pisang raja yang sudah dikukus, kemudian dibalut dengan adonan tepung beras, dengan warna khasnya, yaitu hijau. Sebagai pelengkap, ada buburnya yang terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian disiram dengan sirup merah. Sekarang, untuk menikmati es pisang ijo ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Makassar, karena es ini semakin terkenal dan sudah dijual di mana-mana.

Es selendang mayang
Es yang satu ini adalah khas dari Jakarta. Es yang nikmat ini sekarang sudah semakin sulit dicari, sayang sekali, ya. Ada beberapa ciri khas dari es ini, yaitu selendang mayangnya (biasanya) terdiri dari 2 lapisan warna, terutama merah dan putih dan dipotong menggunakan sebilah bambu.

Es doger
Kabarnya, es doger berasal dari daerah Cirebon, namun lebih terkenal di Bandung. Es doger menggunakan es halus dengan campuran santan. Kemudian ditambahkan pacar cina, buah alpukat, susu kental manis, kelapa muda, tape, dsb.

Es campur
Es khas Indonesia yang satu ini variasinya banyak sekali, karena pada dasarnya, hanya mencampurkan beberapa bahan ke dalam serutan es yang diberi santan atau susu kental manis dan sirup merah. Isinya, biasanya berupa campuran cincau hitam, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, nangka, tape singkong, kacang merah, dsb. Meriah, kan?

Masing-masing es memiliki cita rasa tersendiri, tinggal sesuaikan dengan selera Anda. Pastinya, semuanya begitu nikmat menemani Anda di cuaca panas


Image: marymemasak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar