Selasa, 13 September 2016

Naik Bus Wisata Gratis di Jakarta


Bagi warga luar Jakarta, banyak yang memiliki keinginan untuk berkeliling Jakarta. Sekadar penasaran ingin melihat seperti apa wajah ibukota, gedung-gedung yang menjulang atau mungkin menengok ikon Jakarta, tugu Monas. Di sisi lain, sebelum datang, mungkin Anda akan memikirkan biaya jalan-jalan di ibukota yang tinggi. Ya, namanya juga kota besar, apa pun akan mahal biayanya. Pertimbangan lainnya, mungkin tidak ada sanak saudara yang Anda kenal di Jakarta, mereka sibuk atau bisa jadi tak ada kendaraan.

Duh, sudah jauh-jauh ke Jakarta malah tidak bisa berkeliling? Tenang saja, sekarang di Jakarta sudah tersedia bus wisata, loh. Kabarnya, bus ini diberi nama dengan sebutan ‘Mpok Siti’. Mpok Siti adalah fasilitas umum berupa bus bertingkat, yang khusus disediakan oleh pemerintah DKI, supaya Anda bisa berkeliling melihat tempat-tempat yang menjadi ikon Jakarta. Serunya lagi, tidak dipungut biaya untuk menaiki bus ini, alias gratis dan sekarang jumlahnya sudah ditambah, jadi tidak perlu lagi lama mengantre.

Sayangnya, sekarang tidak ada lagi pemandu di dalam bus, untuk memberikan informasi mengenai Jakarta, tapi dijamin tidak mengurangi kenyaman di dalam bus, kok. Meskipun gratis, Mpok Siti merupakan bus yang bagus, aman dan nyaman.

Kalau ingin naik bus wisata gratis ini, Anda tinggal mencari halte bus yang ada gambar bus bertingkatnya da nada tulisan ‘City Tour’. Halte tersebut berada di Bundaran HI, Museum Nasional atau Monas, Masjid Istiqlal, Balai Kota dan Sarinah. Sebetulnya masih ada halte lainnya tapi tidak difungsikan untuk wisata gratis.

Perlu diingat, nih, sekarang, Mpok Siti hanya berfungsi sebagai busa wisata gratis di akhir pekan saja, ya. Karena di hari kerja, difungsikan sebagai feeder. Jadwalnya adalah dari siang hingga malam saja.

Tips untuk Anda, carilah bangku yang dekat dengan jendela supaya bisa melihat gemerlapnya ibukota dengan maksimal. Ingat, ya, tidak ada yang diizinkan berdiri di dalam bus ini.

Happy traveling dan selamat menikmati Jakarta.

Image: travelawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar