Jumat, 16 September 2016

Hewan-hewan di Laut yang Berbahaya (Part 2)


Buat Anda pencinta lautan dan seisinya, sudah tahu belum, hewan apa saja yang paling ganas yang hidup di dalamnya? Tidak hanya belajar menyelam dengan baik, tapi Anda juga perlu didukung mengenai pengetahuan lainnya mengenai lautan. Berikut adalah 5 jenis binatang berbahaya di lautan yang wajib Anda ketahui.

Whitespotted Surgeonfish
Karena bentuknya yang lucu dan warnanya yang cantik, Anda mungkin membayangkan ikan hias cantik di dalam aquarium Anda. Faktanya, ikan ini memiliki tulang lentur yang sangat tajam di dekat ekornya. ‘Senjata’ ini sangat ampuh untuk membuat jera tangan-tangan jahil manusia yang ingin menyentuhnya.

Oyster Toadfish
Penampilan ikan ini sungguh tidak menarik, bahkan bisa dibilang mengerikan. Dan mungkin karena hal tersebut, tidak memicu manusia atau hewan lain untuk mendekatinya. Namun, hewan ini ahli dalam kamuflase. Ikan ini memiliki rahang super kuat dan gigi yang sangat tajam, yang bisa meremukkan cangkang hewan lainnya. Uniknya, pejantan ikan ini memiliki bagian tubuh yang lunak, ikan ini ‘bertugas’ menjaga sarang.

Ikan todak (needlefish)
Ikan dari Indonesia ternyata adalah salah satu yang paling berbahaya, loh. Ikan todak, adalah jenis ikan perairan tropis dan subtropis. Yang membahayakan, ikan bermoncong tajam ini bisa melompat dari air (terbang). Nelayan dengan perahu sederhana dan berlayar di malam hari adalah yang amat berisiko terluka oleh serangan ikan ini.

Textile Cone Snail
Siput laut yang lucu ini, ternyata adalah salah satu jenis hewan paling beracun di dunia. Binatang ini ‘menyerang’ korbannya, yang kebanyakan adalah moluska, dengan giginya. Gigi tersebut memiliki lubang dan bisa mengalirkan racun. Ketika sumber makanan terbatas, mereka akan berubah menjadi kanibal.

Buaya air asin
Buaya ini, selain menjadi salah satu hewan paling berbahaya di dunia, juga merupakan jenis buaya terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 7 meter (lebih panjang dari hiu putih) dan bobot badannya bisa mencapai 1 ton. Buaya air asin, seperti jenis buaya lainnya, berburu dengan mengintai dari bawah air. Biasanya, korbannya adalah binatang lain yang sedang minum. Tentu saja, sudah banyak manusia yang turut menjadi korban keganasannya.

Anemon laut
Bentuknya sungguh cantik, ‘tangan’nya bagaikan menari-nari mengikuti aliran air. Jika sedang diving, jangan coba-coba menyentuh si Cantik ini, ya, karena tentakelnya beracun.

Itulah contoh hewan-hewan laut yang paling berbahaya. Mungkin Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut, membaca informasi lengkapnya dan melihat seperti apa rupanya, sehingga, kegiatan menyelam dan berlibur Anda akan aman.


Image: wwf.panda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar