Kamis, 15 September 2016

Hewan-hewan di Laut yang Berbahaya (Part 1)


Ketika snorkeling maupun diving, selain melihat keindahan taman laut, pastinya, Anda juga ingin melihat langsung seperti apa hewan-hewan yang hidup di sekitarnya, kan? Seperti yang sering Anda lihat, banyak penyelam yang menyempatkan diri berfoto dengan hewan-hewan yang ditemuinya atau berusaha menyentuhnya. Entah itu kawanan ikan, hewan buas maupun hewan kecil cantik di dasar laut. Jangan mudah terpukau oleh ‘kehebatan’ dan kecantikan hewan-hewan yang Anda temui, karena bisa jadi, itu adalah hewan yang sangat berbahaya.

Apa saja contoh hewan paling berbahaya di lautan?

Striped Surgeonfish
Ikan cantik ini banyak hidup di perairan Indo Pasifik dan menyimpan racun pada tulang ekornya. Menurut informasi, ada sekitar 1.200 jenis ikan yang beracun dan ada sekitar 50.000 orang yang menjadi korban dari keganasan racun ikan-ikan tersebut. Meski membahayakan, katanya racun yang berasal dari ikan memiliki manfaat dalam perkembangan obat-obatan.

Barracuda
Ikan yang panjang ini bagaikan mesin pemburu. Tubuhnya yang ramping memungkinnya untuk berenang melesat hingga 40 km per jam. Dengan kecepatan tersebut, dengan mudahnya ikan ini melahap ikan-ikan yang ditemuinya.

Anemon laut kuning
Anemon kuning ini tampak seperti bunga yang cantik. Anemon masih satu keluarga dengan koral dan ubur-ubur. Anemon ini menggunakan tentakel beracunnya untuk menyerang korban. Racun tersebut bisa membuat korbannya lumpuh, sehingga tidak bisa melawan ketika menjadi santapan.

Moray Eel
Hawaii adalah salah satu pantai impian di dunia. Pantai Kona yang memukau ini nyatanya ‘menyimpan’ salah satu hewan yang palin berbahaya, yaitu moray eel. Jenis belut ini memiliki ragam warna yang menarik. Belut ini ‘menghancurkan’ korbannya dengan meremukkannya menggunakan rahang. Rahang yang sangat kuat itu semakin berbahaya dengan deretan gigi yang tajam.

Hiu putih
Ikan ini disebut-sebut sebagai yang teratas di dalam rantai makanan. Dengan berat badan lebih dari 2 ton dan panjang lebih dari 6 meter, hiu putih menjadi hewan predator terbesar di dunia. Belum cukup mengerikan? Ikan ini memiliki sekitar 300 buah gigi, sehingga memungkinkan mereka untuk memangsa hewan besar lainnya seperti singa laut, paus (jenis tertentu) hingga penyu. Hiu putih juga menjadi salah satu jenis hiu yang paling banyak menyerang manusia.


Hewan-hewan di atas adalah 5 dari 10 binatang laut yang paling berbahaya. Pada ulasan selanjutnya, kita akan mempelajari jenis hewan berbahaya lainnya.

Image: fishofaustralia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar