Minggu, 14 Agustus 2016

Pembatalan Tiket Pesawat dan Penyelesaiannya


Sudah beli tiket, ternyata tidak bisa berangkat atau ada perubahan rencana. Duh, sayang sekali, ya, uang yang sudah dikeluarkan. Apakah masih bisa dikembalikan?

Batalnya perjalanan
Anda membatalkan perjalanan? Ada beberapa hal, nih, yang bisa menjadi penyebabnya. Contoh, saat sedang mengecek situs travel favorit Anda, ternyata mereka sedang menawarkan harga yang bagus, karena tergiur dan takut kehilangan kesempatan, Anda seketika membeli tiket. Ternyata, mendekati hari H, Anda tidak bisa cuti. Sebab lainnya, mungkin saja Anda jatuh sakit atau mendadak mendapat masalah. Nah, kalau sudah begini, sayang sekali, kan, tiket Anda? Bagaimana penyelesainnya?

Tiket Anda masih bisa diuangkan (refund), namun sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Jika Anda sebelumnya membeli tiket promo, maka umumnya tidak bisa diuangkan. Ada juga maskapai yang tidak bisa menguangkan tiket, tapi bisa menjadwal ulang.

Perubahan jadwal
Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Selalu ada kemungkinan melesetnya rencana perjalanan. Sebutlah, ada pekerjaan mendesak Anda yang belum selesai, ada pertemuan penting atau mungkin, Anda harus berangkat lebih cepat untuk pengobatan Anda (medical tourism).
Sebagai solusi, Anda bisa merubah jadwal keberangkatan Anda. Tentu saja ada aturan dan ketentuan yang mesti Anda patuhi. Biasanya, jadwal yang diperbarui tidak terpaut jauh dengan jadwal sebelumnya, selain itu, karena biaya tiket selalu berubah, maka bisa jadi, Anda akan dikenai beberapa biaya tambahan.

Pembatalan oleh maskapai
Bisakah? Tentu saja. Pembatalan keberangkatan oleh maskapai juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya, cuaca yang tidak memungkinkan atau pesawat mengalami kerusakan. Jika terjadi hal ini, tanyakan pada pihak maskapai mengenai jalan keluarnya. Memang, bisa jadi hal ini merugikan penumpang dari segi materi dan waktu, karena misalnya waktu cuti menjadi terbuang, atau penginapan yang sudah terlanjur dibayar. Tapi, toh, ini demi kepentingan dan keselamatan Anda juga.


Lebih baik, Anda memastikan dulu jadwal keberangkatan dengan baik. Baru, deh, pesan tiket pesawat dan booking hotel online. Jika semua sudah dipesan, jaga kesehatan dengan baik dan segera selesaikan pekerjaan, sehingga jadwal yang sudah direncanakan, tidak berantakan. Happy traveling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar