Minggu, 21 Agustus 2016

Etika Makan di Dunia


Ketika Anda traveling, negara tujuan Anda bisa jadi memiliki etika makan yang berbeda dengan yang ada di tempat asal Anda. Beberapa di antaranya mungkin bakal membuat Anda terkejut. Penting untuk Anda mengetahuinya lebih dulu, untuk menghargai kebudayaan setempat dan sebaliknya, supaya Anda juga bisa dihargai oleh masyarakat di sana.

Asia
Di sebagian negara di Asia, menggunakan sumpit sebagai alat makan. Ketika menggunakan sumpit, Anda mesti mengingat beberapa hal berikut. Sumpit memiliki ukuran yang berbeda pada masing-masing ujungnya. Untuk ujung yang mengecil, adalah yang digunakan untuk menyuap, dan untuk ujung yang mengecil, digunakan untuk menyajikan. Jika sedang tidak digunakan, letakkan sumpit di atas piring. Jangan menaruh sumpit di atas mangkuk nasi atau di dalamnya. Untuk mempermudah Anda menyuap nasi, angkat mangkuk dan dekatkan saja ke mulut Anda.

Afrika
Afrika memiliki etika makan yang beragam. Salah satu budayanya yang paling umum adalah menyajikan makanan dengan sangat banyak dan lengkap, intinya adalah si tuan rumah ingin membuat tamunya merasa senang dan dihargai. Pada beberapa negara, masyarakatnya makan langsung dengan tangan (tanpa sendok garpu). Ketika Anda berada di negara muslim, ingatlah untuk tidak makan dan memegang makanan (juga minuman) dengan tangan kiri.

Timur Tengah
Pada beberapa daerah, Arab misalnya, mereka terkenal dengan penyajian makanan yang berlimpah, mereka pun akan senang jikalau Anda makan dengan banyak. Minuman beralkohol mulai banyak tersedia di negara-negara Timur Tengah, namun perlu diingat, ya, penganut Islam tidak minum minuman beralkohol, jadi lihatlah situasi jika ingin memesan minuman beralkohol.

Amerika Tengah
Juga di Amerika Selatan dan Karibia, acara makan siang untuk keperluan bisnis bisa dilakukan berjam-jam. Sedangkan jika Anda diundang untuk acara makan malam, biasanya hanya untuk kegiatan sosial saja. Makan malam sebaiknya dilakukan tepat pada jamnya. Letakkan tangan selalu di atas meja selama makan (di atas, tapi tidak menyentuh).

Eropa bagian barat
Termasuk kawasan Mediterania dan Eropa bagian timur, rata-rata table manner mereka serupa dengan yang ada di kawasan Amerika Serikat, hanya ada perbedaan kecil saja, misalnya, garpu dipegang oleh tangan kiri dan pisau di tangan kanan, kemudian juga makan dengan tangan kiri. Masyarakat di Eropa lebih tertib dengan table manner. Tangan selalu di atas meja selama makan (tanpa menyentuhnya). 

Susah juga, sih, karena ini adalah budaya yang berbeda dengan kita dan rasanya mustahil untuk kita memahami dan mengetahui seluruh budaya orang lain, apalagi jika kita hanya sedang traveling. Nah, untuk memudahkan, triknya adalah dengan bertanya dan melihat bagaimana masyarakat setempat melakukannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar