Jumat, 19 Agustus 2016

Bagaimana Tata Cara Makan Seafood?


Buat Anda yang senang wisata kuliner, biasanya akan ‘menjelajah’ untuk mencicipi berbagai makanan di berbagai daerah. Semakin ‘menantang’ biasanya akan semakin seru. Misalnya, menjajal ayam bakar sambil lesehan, atau mencoba ragam hidangan laut di restoran tepi pantai. Jenis-jenis makanan seperti ini termasuk ‘hard to handle’, dan memerlukan bantuan tangan untuk menikmatinya. Makan dengan tangan, justru bisa lebih terasa nikmat dan memang sesuatu yang wajar dalam budaya kita, tapi, jangan ‘seru’ sendiri, ya, ada juga, loh, aturanya.

Kepiting
Pertama, lepaskan bagian kaki dan capitnya dengan tangan. Untuk meremukkan cangkangnya. Jangan digigit-gigit, ya, tapi gunakan alat khusus. Setelah remuk, congkel daging di dalamnya dengan tusuk gigi. Kemudian, lepas bagian badannya menjadi dua bagian, dan makan dagingnya dengan garpu. 

Lobster
Si hidangan mahal ini umumnya dihidangkan juga dengan cangkangnya. Nah, jika masih ada cangkangnya seperti ini, maka Anda bisa memegangnya langsung dengan tangan, pastinya juga dengan bantuan garpu dan cracker seperti akan makan kepiting. Pegang badan lobster dan tekan ke piring. Perlahan lepas bagian cangkangnya. Setelah cangkang diremukkan, keluarkan daging dan letakkan di piring. Putar bagian buntut hingga lepas untuk mengeluarkan daging dan letakkan di piring. Cucilah tangan dan makan dengan menggunakan garpu. Buang cangkangnya pada wadah yang sudah disediakan.

Udang
Table manner untuk makan udang adalah dengan mencopot cangkang dan membiarkan bagian buntutnya. Buntut inilah yang nantinya Anda pegang. Jika tidak, makan pakailah garpu dan pisau. Udang juga biasanya disajikan dengan saus. Gunakan stick untuk mencelup udang ke dalam saus (cocktail). Udang boleh dimakan dalam satu gigitan. Jika terlalu besar dan Anda hanya bisa menggigitnya menjadi setengah, jangan dicelupkan kembali ke dalam saus, jika saus tersebut dimakan bersama.

Kerang
Makan kerang adalah memegangnya langsung dengan tangan. Dalam keadaan matang, cangkang kerang akan terbuka. Jika Anda menemukan yang cangkangnya sulit dibuka, maka sebaiknya tidak dimakan, karena kerang sudah mati sebelum dimasak.

Wah, ternyata makan seafood saja ada aturannya, ya. Mungkin kalau sekadar makan bersama orang-orang terdekat, sih, tak perlu memusingkan hal ini, ya. kalau Anda mengeinap di hotel dekat pantai, pasti banyak, deh, rumah makan seafood di sekitarnya.

Image: marinabaysand

2 komentar: