Kamis, 25 Agustus 2016

Etika Makan di Korea Selatan (Part 1)



Jalan-jalanke Korea, yuk. Korea, kan, sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Banyak hal yang ‘berbau’ Korea diikuti oleh masyarakat Indonesia. Akui, deh, Anda yang senang menonton drama Korea, pasti akan dengan senang hati bergadang demi menontonnya, lagu dari boyband dan girlband Korea pastilah yang selalu menemani Anda ketika beraktivitas. Atau mungkin, Anda juga berdandan a la orang Korea?

Jika Anda adalah penggemar beratnya, apa tidak kepengin melihat langsung bagaimana kehidupan dan suasana asli di Korea sana? Jalan-jalan melihat suasana di Jeju Island mungkin? Ke mana pun tujuan Anda di Korea, jangan lupa, nih, untuk wisata kuliner. Kapan lagi mencicipi cita rasa autentik Korea? Sebelum icip-icip, ketahui dulu, yuk, table manner di Korea seperti berikut ini.

Di Korea, Anda tidak mengisi air di gelas Anda sendiri, tapi, mereka yang di sebelah Andalah yang melakukannya. Nah, makanya, Anda juga mesti aware dengan gelas mereka yang ada di sebelah Anda. Jika isinya sudah kurang dari setengah, maka segera isi, ya. Kalau air di gelas Anda habis dan ‘tetangga’ Anda tidak menyadarinya, jangan diisi sendiri, ya, cukup beri kode dengan menuangkan sedikit air di gelas orang lain. Ketika menuangkan air ini atau ketika Anda sedang mengoper piring, lakukan dengan tangan kanan dan tangan kiri Anda memegang (menopang) siku tangan kanan.

Masyarakat Korea juga menggunakan sumpit sebagai alat makan utama. Bentuk sumpit Korea mirip dengan sumpit di Tiongkok dan materialnya terbuat dari logam. Aturan untuk sumpit di Korea di antaranya, jangan meletakkan sumpit secara paralel di atas mangkuk nasi. Semua yang ada di piring Anda dimakan menggunakan sumpit, sekecil apa pun dan bahkan untuk makan sup. Sumpit juga digunakan untuk memotong. Hah? Tenang, katanya, masyarakat Korea sudah sangat terbuka dengan orang asing, mereka memaklumi budaya makan yang berbeda, makanya, sekarang mereka juga menyediakan sendok.

Di Korea, Anda tidak boleh mendekatkan mangkuk nasi ke mulut, mangkuk nasi harus berada di meja. Untuk memudahkan Anda, Anda boleh membungkuk. Ada hal penting dalam etika maka di Korea, yaitu menyajikan dan menunggu agar orang yang lebih tua di dahulukan, termasuk mempersilakan mereka memasuki ruang makan lebih dulu. Kalau Anda selesai lebih sedangkan mereka belum, Anda wajib menunggu.

Meski kita tak wajib mengikuti keseluruhannya, namun baik bagi kita mematuhi aturan-aturan dasarnya untuk menghargai kebudayaan setempat. Dan dengan ikut aturan mereka, pastilah mereka juga bakal menghargai kita, kan? Tidak berhenti di sini, loh, table manner di Korea, masih ada beberapa hal lagi yang perlu Anda ketahui. Nantikan kelanjutannya, ya.

Image: socoolkorea


Tidak ada komentar:

Posting Komentar