Selasa, 26 Juli 2016

Tips Jika Harus Berangkat Mendadak


Duh, harus berangkat mendadak, ya? Ada beberapa hal, nih, yang bisa menyebabkan kita tiba-tiba harus berangkat. Misalnya, urusan pekerjaan (business trip), harus berobat (medical trip) atau (sorry..) ada anggota keluarga atau rekan yang meninggal dunia. Ketika dalam keadaan begini, biasanya seseorang akan bingung dan panik, karena waktu untuk bersiap sedikit sekali, ditambah perasaan yang sedang kacau. Yuk, tenang dulu, tarik nafas dalam-dalam. Saya punya sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda.

Business trip
Ketika mengemas pakaian Anda, utamakan pakaian kerja (misalnya kemeja, jas, dasi dan celana), sepatu dan kaus kaki. Jangan sampai salah bawa kaus kaki, ya. Bawa pula pakaian santai, yang sekiranya bakal Anda kenakan jika nanti akan diajak datang ke acara semi formal oleh kolega Anda. Segera kumpulkan semua berkas kerja dan perlengkapan kerja, seperti laptop dan charger-nya. USB, mungkin?

Medical trip
Tiba-tiba Anda atau anggota keluarga Anda jatuh sakit dan Anda berpikiran untuk mencari pengobatan di luar kota atau di luar negeri misalnya. Sebelum Anda berangkat, Anda mesti memastikan dulu, di daerah tujuan Anda, tersedia tenaga medis dan rumah sakit yang Anda perlukan. Dalam kondisi tertentu (parah), Anda wajib berkonsultasi lebih dulu dengan pihak rumah sakit yang bersangkutan melalui telepon atau kantor perwakilannya. Misalnya, Anda mesti memastikan, apakah dengan kondisi yang ada, Anda atau keluarga Anda masih bisa untuk dibawa atau jika membutuhkan ambulan untuk penjemputan di bandara.

Nah, saat mengemas barang, pikirkan saja barang-barang yang sehari-hari biasa digunakan. Bawalah pakaian yang nyaman untuk beristirahat selama di rumah sakit, bawa sandal dan lainnya seperti keperluan sholat. Bagi yang bertugas menunggu, mungkin bisa membawa bantal kecil dan selimut tipis.

Jangan lupa, membawa semua dokumen lengkap, seperti paspor. Terutama, hasil pengobatan yang sudah (termasuk hasil rontgen) dan surat rujukan dari dokter. Bawa pula obat-obatan yang sedang diminum untuk dikonsultasikan. Pastikan Anda sudah memesan kamar hotel sebelum berangkat.

Melayat
Biasanya seseorang akan mengenakan pakaian berwarna hitam, untuk wanita, akan mengenakan kerudung. Bawa pula pakaian yang pantas untuk acara peringatan setelahnya.

Ada baiknya, Anda menyiapkan sebuah tas yang berisi perlengkapan dasar berpergian. Hanya untuk berjaga-jaga, minimal Anda sudah menyiapkan dasarnya. Seperti perlengkapan mandi (lengkap dengan pouch), dokumen (yang sudah dikumpulkan), perlengkan makan khusus travel. Mungkin kesannya berlebihan, padahal tidak juga, justru persiapan ini bisa membantu Anda. Karena kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi.

Image: dreamstime


Tidak ada komentar:

Posting Komentar