Rabu, 13 Juli 2016

Nyaman Berwisata dengan Rombongan


Asyik, wisata ramai-ramai. Jalan-jalan dengan rombongan ini, bisa bermacam-macam, misalnya, Anda jalan-jalan dengan keluarga besar, outing kantor, acara wisata sekolah anak, beribadah umrah atau mengikuti tour ke luar negeri. Pastinya, belum apa-apa sudah terbayang bagaimana kehebohan yang bakal terjadi nanti. Sebelum perjalanan di mulai, baca dulu, deh, tips jalan-jalan dengan dengan gerombolan berikut.
  • Berbaur. Kalau perginya dengan teman sekantor, sih, kemungkinan Anda sudah kenal dengan pesertanya, tapi kalau sedang mengikuti tour, kan, tidak semuanya kita kenal. Nah, makanya, mencoba berbaur dengan peserta lainnya itu penting, loh. Jangan lupa bertukar nomer telepon, jika tak sengaja Anda terpisah dari rombongan, selain ketua rombongan, Anda juga bisa menghubungi teman baru Anda ini. Asyik juga, kan, punya teman baru. Yah, berbagi camilan sebagai sapaan mungkin bisa menjadi trik untuk memulai perkenalan.
  • Ikut aturan. Misalnya, patuhi jadwal berkumpul, jadwal makan dan jadwal keberangkatan.
  • Jangan berpencar. Jika Anda tiba-tiba ingin ke toilet misalnya, atau membeli sesuatu, jangan lupa untuk menginformasikan dengan teman atau ketua rombongan. Ingat juga, nih, ketika berbelanja, jangan terlalu ‘heboh’, sampai-sampai Anda tidak memerhatikan keberadaan rombongan dan waktu.
  • Mencatat. Penting, supaya Anda tidak lupa. Hal-hal yang perlu dicatat adalah lokasi hotel, nomor telepon rekan dan nomor bus.
  • Tinggalkan nomor ponsel Anda pada teman sekamar, juga nomor ponsel salah satu anggota keluarga Anda, baik yang ikut serta dan yang di rumah. Jika terjadi sesuatu pada Anda, teman Anda bisa segera membantu.
  • Bawa jadwal kegiatan wisata Anda.
  • Menghargai satu sama lain. Sederhana saja, seperti jangan sembarangan mengambil makan atau minuman yang bukan milik kita, menghargai jika sedang ada teman yang beribadah di kamar, tidak berlama-lama dalam toilet, tidak berisik ketika ada yang tidur atau tidak meletakkan barang-barang kita di atas milik orang lain.
  • Berbagi. Jangan pelit, kalau Anda punya minuman atau camilan, berbagilah dengan yang ada di sekitar Anda.
  • Jangan lupakan membawa barang-barang penting seperti kartu pengenal, dokumen seperti paspor, ponsel, dokumen wisata lainnya dan jam tangan.

Nah, kalau Anda tertib seperti ini, dijamin jalan-jalan akan lancar dan menyenangkan.


Image: levysuniquery

Tidak ada komentar:

Posting Komentar