Sabtu, 18 Juni 2016

Pertimbangan Memilih Koper (Part 2)


Jika pada ulasan yang lalu, kita telah mengetahui beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli koper, pada ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai jenis koper dan tas.

Bag pack
Atau umumnya kita sebut dengan ransel. Jika Anda hanya berpergian beberapa hari dan tak membawa banyak barang, bag pack adalah yang paling praktis untuk dibawa. Back pack cocok dibawa ketika berwisata ke alam bebas. Back pack ada pula yang memiliki roda di bagian bawahnya yang memudahkan jika bawaan cukup berat namun menjadikan bag pack kaku.

Duffle bag
Atau tas jinjing. Duffle bag tepat digunakan untuk berpergian dalam waktu singkat. Biasanya terbuat dari kain parasut, canvas atau leather. Duffle bag sebaiknya tak ditaruh dalam bagasi, karena barang di dalamnya berisiko tinggi untuk rusak dan hilang, bahan tasnya sendiri pun umumnya mudah rusak. Jika duffle bag atau back pack Anda terpaksa dimasukkan ke dalam bagasi, jangan lupa untuk di wrap dengan plastik khusus. Untuk menghindari kehilangan barang di dalamnya dan kerusakan.

Carrier bag
Pada dasarnya, fungsi carrier bag serupa dengan dengan back pack, namun, muatannya lebih banyak dan biasanya carrier bag memiliki banyak kantong (atau bagian), masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Carrier bag memiliki beberapa ukuran. Umumnya digunakan oleh backpacker dan sebaiknya gunakan yang waterproof.

Stiff suitcase
Koper jenis ini sudah sangat jarang digunakan. Ini adalah jenis koper zaman dulu, bentuknya kaku dan hanya ada small handle. Kelebihannya, koper lama ini cukup sulit untuk dibongkar.

Luggage wheels
Adalah koper yang pada bagian bawahnya menggunakan roda. Ada yang beroda 2, ada yang 4. Roda ini ada yang berjenis in-line ada yang spinner. Pada in-line wheels, roda hanya bergerak searah, sedangkan pada spinner wheels, roda bisa berputar 360 derajat, sehingga amat memudahkan gerakan. Luggage wheels juga biasanya dipasangkan dengan tas tambahan yang bisa dikaitkan pada bagian handle-nya. Hal ini juga menambah point bagi kegunaan luggage wheels.

Selanjutnya, pertimbangkan ukurannya. Anda akan menaruhnya di dalam cabin atau di dalam bagasi? Untuk koper dalam cabin, mungkin tak perlu menggunakan yang hard cover karena cenderung lebih aman. Sedangkan untuk yang dalam bagasi, ada baiknya menggunakan hard cover karena pasti tertimpa satu sama lain dan kemungkinan dibanting. Dengan hard cover, barang Anda di dalamnya akan lebih aman. Untuk koper dalam bagasi, juga ada baiknya membeli yang ukuran besar.

Nah, jadi yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?


Image: Keywords-suggestion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar