Kamis, 05 Mei 2016

Tujuan Wisata Paling Kotor di Dunia


Jika sedang hunting informasi mengenai tempat-tempat wisata, biasanya kita akan menemukan foto-foto yang luar biasa indah di internet. Betul, kan? Tentu saja, yang bersangkutan akan memajang foto yang indah untuk menarik minat pengunjung. Padahal, aslinya, belum tentu seindah itu, loh. Berikut adalah beberapa negara tujuan wisata yang disebut-sebut sebagai negara paling kotor.

Rusia, Moscow
Jika mencari informasi mengenai Mocsow, biasanya gambar yang muncul adalah bangunan-bangunan unik dan indah. Bangunan-bangunannya memiliki kubah dan menara dengan warna-warni yang cantik. Indah sekali, nyatanya, Moscow termasuk dalam salah satu negara paling kotor, loh. Di negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi ini, selain sampah di mana-mana, polusi udaranya juga buruk sekali dan ketersediaan air bersihnya terbatas.

India
Anda pengin ke India? Menurut data yang ada di biscorner.com, Mumbai, adalah negara paling kotor nomer 7 di dunia. Pemerintahnya sedang melakukan upaya perbaikan dalam beberapa bidang, seperti pada infrastruktur dan pengendalian polusi. Sedangkan yang tercantum pada listtribe.com mengatakan, ada beberapa daerah di India sana yang menjadi daerah terkotor di dunia, seperti di Delhi yang penuh dengan asap akibat kendaraan dan pabrik. Patna di bagian timur India yang sangat macet dan penuh kendaraan, Gwalior yang keadaan polusinya sangat buruk akibat asap industri. Raipur, Ahmadabad dan Lucknow.

Selain buruknya kondisi udara, India juga terkenal kotor akibat hal lainnya. Seperti sampah yang bertebaran dan rumah-rumah kumuh. Bahkan, mereka yang berkunjung dari India pun mengatakan, sebagian masyarakat India memang belum aware dengan kebersihan. Masih banyak yang mandi di sungai, mandi di pinggir jalan bahkan buang air besar.

Wah, kenyataan ini berbanding terbalik sekali, ya, dari yang kita lihat di film-film India. Rumah bagaikan istana dan pegunungan hijau yang membentang.

Mexico
Mexico terkenal dengan pantai-pantai yang indah, seperti Zihuatanejo atau Playa del Carmen. Juga seperti India, kita seringkali melihat kemewahan yang ditampilkan dalam telenovela. Rumah megah dan mobil mewah yang terparkir di sekitar perumahan elit. Nyatanya, Mexico (Mexico City) termasuk dalam negara paling kotor juga, nih.  Kotornya Mexico ini disebabkan oleh tingkat polusinya yang luar biasa.

Italia, Venice
Tepatnya di St. Marks Square. Kok, bisa? Karena di tempat wisata ini, berkeliaran ribuan burung yang menjadikan kawasan ini penuh dengan kotorannya. Kotoran burung ini berisiko besar menyebabkan beragam penyakit. Padahal, katanya pemerintah setempat telah memasang jaring untuk menghalau kawanan burung ini.

Itulah beberapa negara dan kota yang paling kotor di dunia. Jadi, ada baiknya jika Anda mau jalan-jalan, cek kembali destinasti Anda, ya. Jangan sampai salah pilih. Sayang sekali, kan, jika sudah keluar uang banyak, sampai di sana, Anda hanya melihat sampah atau sakit saluran pernapasan.

Image: bellona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar