Rabu, 18 Mei 2016

Resep Cantik Alami dari Indonesia (Part 2)


Sudah tidak sabar ingin mengetahui bahan-bahan alami dari negara sendiri yang bisa meningkatkan kecantikan Anda? Yuk, simak ulasannya.

Kunyit
Aslinya berasal dari Asia Tenggara, kemudian tersebar ke sekitarnya, termasuk ke Indonesia. Kunyit sangat mudah ditanam. Kunyit adalah bumbu dapur yang paling banyak digunakan di Indonesia dan India. Nyatanya, si Kuning ini juga seringkali dipakai sebagai resep kecantikan, seperti lulur atau masker. Kunyit mengandung zat antiperadangan, sehingga bisa bermanfaat untuk menghilangkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi timbulnya jerawat dan memudarkan bekasnya. Selain itu, kunyit bisa dipakai sebagai exfoliator alami dan dapatkan manfaat antioksidannya.

Memang, untuk lebih praktis, cari saja yang sudah berupa bubuk., Buat Anda yang kulitnya putih, sebaiknya tidak menggunakan kunyit pada kulit, ya, karena warna kuningnya akan melekat.
Image: authoritynutrition

Serai
Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan kata ‘sereh’. Daunnya panjang dan tajam, sama seperti kunyit, serah bisa ditanam dan tumbuh dengan mudah. Serai mengandung sitronela yang bisa mengusir nyamuk. Coba perhatikan lotion anti nyamuk yang ada di pasaran, di antaranya ada yang menggunakan serai ini. Serai yang kabarnya dibawa dari Srilanka dan ditanam di Bogor ini, juga sering dipakai pada sabun alami, warnanya seperti putih susu dengan aroma menyengat yang khas.

Minyak serai bisa digunakan untuk menghilangkan bau, membersihkan kulit, mengecilkan pori, antiseptik dan untuk menciutkan jerawat. Ingin kulit Anda bersinar? Gunakan minyak serai.

Serat gambas
Jika Anda adalah penyuka sabun alami atau sabun buatan tangan, Anda pasti pernah mendengar yang namanya ‘loofah’, bentuknya panjang, lonjong dan berserabut. Loofah dimanfaatkan sebagai spons pembersih. Jika sudah ada di dalam sabun, maka harganya akan meningkat. Nah, apakah Anda tahu, kalau loofah adalah serat gambas yang dikeringkan? Gambas, biasanya disebut dengan sayur oyong. Bahkan katanya, dagingnya pun bisa digunakan sebagai pembersih kulit, caranya dengan digosokkan.

Nah, bagaimana? Lumayan juga, kan, mempelajari beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit? Apalagi, semuanya bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar