Jumat, 13 Mei 2016

Resep Cantik Alami dari Indonesia (Part 1)


Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan penampilannya. Salah satunya adalah merawat kesehatan dan keindahan kulit. Sekarang ini, semakin banyak yang menginginkan hasil yang instan, misalnya dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Buktinya, klinik kecantikan menjamur di mana-mana. Padahal, yang instan itu belum tentu hasilnya bagus dan aman, loh. Kenapa tidak mencoba yang alami? Walaupun memang hasilnya lebih lambat, tapi jauh lebih aman dan terjangkau. Di alam kita ini, banyak sekali tersedia resep kecantikan alami. Apa saja?

Kayu manis
Indonesia adalah negara penghasil kayu manis terbesar di dunia, 80% kayu manis atau cinnamon ini dihasilkan dari Jambi, terutama di Kabupaten Kerinci. Kayu manis memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan. Contoh, untuk membantu menghilangkan kerutan, dengan mengoleskan minyaknya. Kayu manis juga bisa membantu menghilangkan jerawat karena memiliki manfaat sebagai antimikroba. Perlu Anda ingat, ya, kayu manis yang dijadikan pasta, sebaiknya tidak digunakan pada wajah.

Pala
Serupa dengan kayu manis, pala atau nutmeg, memiliki manfaat sebagai antimikroba yang bisa mencegah timbulnya jerawat. Pala juga bisa membuang kotoran dari kulit. Antiperadangan yang terkandung di dalamnya bisa membantu memudarkan bekas luka. Antioksidannya, membuat kulit tetap segar, mengurangi efek penuaan, memperbaiki kondisi kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Daerah penghasil utama pala di Indonesia adalah Pulau Siau yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Bahkan kabarnya, pala dari Pulau Siau adalah yang terbaik di dunia. Mau tahu tujuan ekspor utama buah pala? Eropa.

Bunga lawang
Atau disebut juga dengan kembang lawang atau pekak. Rasanya menyerupai adas manis. Star anise, memiliki kandungan antioksidan. Bunga lawang juga disebut mampu bekerja sebagai antifungal (antijamur), termasuk di kulit. Bunga lawang berasal dari Tiongkok, kemudian mulai ditanam dan digunakan di Indonesia.

Cengkeh
Satu lagi, rempah yang banyak ada di negara kita, yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan jerawat. Kebun cengkeh yang ada di Indonesia, adalah yang terluas di dunia. Jadi tidak heran kalau cengkeh mudah didapat. Ingin mengempiskan jerawat? Coba campurkan minyak cengkeh dengan madu murni, lalu oleskan pada jerawat.


Biasanya, yang dipakai untuk obat kecantikan adalah yang berupa bubuk atau minyak. Untuk yang bubuk, umumnya lebih murah. Mau tahu bahan alami untuk kecantikan lainnya? Baca ulasan selanjutnya.

Image: alternativearea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar