Sabtu, 28 Mei 2016

Makanan Khas Indonesia (Part 4)


Lanjut membahas makanan khas asal Indonesia, yuk. Berkeliling nusantara, tidak cuma melihat tempat-tempat yang indah, tapi juga aneka makanannya yang menggugah selera. Nah, kali ini, kita akan membahas beberapa contoh makanan khas di ujung Indonesia.

Soto banjar
Kalau Anda jalan-jalan ke Balikpapan, jangan lupa, ya, makan soto banjar. Memang, sih, soto banjar bisa dibilang ada di mana-mana, tapi kalau mencicipnya langsung di tempat aslinya, kan, sudah pasti berbeda, dong. Sedikit berbeda dengan soto yang lainnya, soto banjar ini bening, tidak menggunakan santan dan kunyit, jadi tidak mudah membuat eneg. Soto banjar dimakan dengan nasi, bukan ketupat. Biasanya, di Balikpapan, soto banjar ‘ditemani’ sate ayam.

Ares
Ares adalah olahan sayur khas lombok, tepatnya suku sasak, yang bahan dasarnya adalah batang pisang yang masih muda, yang belum memiliki bunga. Bagian batang yang digunakan adalah bagian tengahnya, kemudian diiris tipis-tipis dan diberi garam sambil diremat-remat. Ares dimasak dengan kuah santan, namun rasanya manis. Cukup unik, mengingat umumnya makanan di Lombok ini, kan, pedas, ya. Menurut cerita, karena di Lombok ini kering dan panas, tidak banyak tumbuhan yang bisa bertahan, nah, nyatanya pohon pisang bisa tumbuh dengan cukup baik di sini.
Image: cookpad

Catemak jagung
Makanan ini cuma bisa Anda jumpai di Nusa Tenggara Timur. Catemak jagung ini adalah makanan penutup yang terbuat dari campuran labu, kacang hijau dan jagung. Catemak jagung dihidangkan dengan kuah. Kalau makanan penutup biasanya rasanya manis, hidangan jagung ini asin, loh.

Papeda
Papeda adalah salah satu makanan khas dari ujung nusantara, Papua. Sebagai informasi, papeda juga ada di Maluku. Papeda adalah bubur sagu, teksurnya kenyal, lembek dan lengket. Nah, karena rasanya hambar, papeda umumnya dimakan dengan menu pendamping, seperti kuah kuning dan ikan tude bakar. Selain itu, ikan lainnya adalah ikan gabus, kakap merah, bubara atau ikan kue. Menu pendamping lainnya adalah sayur ganemo, yaitu olahan daun melinjo muda, daun papaya muda dan cabai.


Itulah beberapa makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Jadi, jika nanti Anda pelesir ke daerah-daerah tersebut, jangan lupa, ya, mencicipi makanan khasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar